Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Perundingan Bidang Standar, Regulasi Teknis dan Penilaian Kesesuaian (STRACAP) dalam Kerangka Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP)

  • Senin, 29 Oktober 2018
  • Prasetyo Nugroho
  • 268 kali

RCEP Sub-Working Group on Standards, Technical Regulations and Conformity Assessment Procedures (SWG STRACAP) kembali melakukan Pertemuan ke -18 guna mencapai target penyelesaian perundingan pada akhir tahun 2018. Pertemuan ini merupakan bagian dari Pertemuan ke-24 RCEP Trade Negotiation Committee(TNC) dan berlangsung pada tanggal 21-23 Oktober 2018 di Auckland, New Zealand. Sebagai bagian dari Working Group on Trade in Goods (WG TIG), SWG STRACAP merumuskan kesepakatan regional terkait dengan standar, regulasi teknis dan prosedur penilaian kesesuaian dimana ketiga hal ini merupakan Non-Tariff Measures (NTMs) yang diharapkan dapat memfasilitasi arus perdagangan antar negara anggota RCEP.

Sesuai mandat dari hasil Pertemuan Para Menteri RCEP tanggal 13 Oktober 2018 yang lalu di Singapura, dalam pertemuan kali ini SWG STRACAP dengan panduan dari TNC berusaha secara intensif membahas beberapa isu yang tersisa agar bab terkait Standar, Regulasi Teknis dan Penilaian Kesesuaian dapat selesai. Pertemuan kali ini berhasil mencapai kesepakatan atas dua pasal sehingga sebagian besar Chapter STRACAP sudah selesai dibahas.  Namun demikian, Pertemuan menyisakan tiga pasal lagi yang belum mendapatkan titik temu dan masih memerlukan pembahasan substansial secara intensif. (pks-bsn).



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat