Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dorong Investasi, BSN Berikan Layanan Standardisasi di Batam

  • Jumat, 30 November 2018
  • - -
  • 383 kali

Batam berada di posisi pintu gerbang di barat, terletak di daerah yang strategis, di perairan Selat Malaka. Dengan lokasi Batam yang sangat strategis, pemerintah menjadikan Batam daerah khusus, dan ditujukan sepenuhnya untuk kegiatan ekspor. Maka, penerapan standar merupakan hal yang tidak dapat ditawar lagi.

 

Untuk mendukung pembinaan dan pengembangan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Batam, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya menandatangani nota kesepahaman dengan Kepala Badan Pengusahaan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan Batam (BP Batam), Lukita Dinarsyah Tuwo tentang kerjasama penyelenggaraan standardisasi dan penilaian kesesuaian di wilayah kerja BP Batam, pada Kamis (29/11) di Surabaya.

 

Dalam sambutannya, kepala BSN Bambang Prasetya mengatakan bahwa MoU akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Selain memberikan kemudahan bagi masyarakat dan memfasilitasi kebutuhan para pelaku usaha dalam menerapkan SNI di Batam, kerja sama ini merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan standardisasi kepada industri. Sebagai langkah awal kerjasama kedua belah pihak, telah didirikan layanan SNI corner di kantor pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) BP Batam yang berlokasi di Kota Batam. “SNI Corner merupakan wadah dimana masyarakat, pelaku usaha hingga tenaga kerja dapat menggali informasi tentang standardisasi,” ujar Bambang.

 

Selain itu, Bambang pun berharap kedepannya dapat pula terjalin kerjasama untuk pendirian Kantor Layanan Teknis (KLT) di Batam dengan memanfaatkan prasarana yang disediakan oleh BP Batam. Kantor Layanan Teknis BSN sendiri diharapkan dapat melaksanakan kegiatan berupa pelayanan informasi tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian; penyelenggaraan pembinaan penerapan SNI bagi usaha mikro kecil, pelaku usaha dan institusi; pembinaan dan pengembangan lembaga penilaian kesesuaian diantaranya laboratorium, lembaga inspeksi dan lembaga sertifikasi; riset pasar dan diseminasi hasil riset di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian; pelaksanaan pelatihan, promosi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian; pelatihan sumber daya manusia di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. “Kami harap, BP Batam juga mendukung penyelenggaran Indonesia Quality Expo dan rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional Tahun 2019,” tambah Bambang.

 

Kepala BP BATAM, Lukita Dinarsyah Tuwo mengungkapkan bahwa BP Batam sangat senang telah melaksanakan kerjasama dengan BSN. “Batam memberikan pelayanan publik, dan harus dapat masuk di dalam standar yang diakui,” ungkap Lukita. Selain itu Lukita berharap tindak lanjut kerjasama dengan BSN segera dikembangkan, “Saya sangat mendukung adanya Kantor Layanan Teknis BSN, harus kita tindak lanjuti, ungkapnya. (Humas-PKS)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat