Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Siapkan Pembaharuan MoU Bersama UZSTANDARD

  • Jumat, 18 Januari 2019
  • 2602 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) tengah mempersiapkan pembaharuan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Agency for Standardization, Metrology and Certification of Uzbekistan (UZSTANDARD). Pertemuan pun digelar, untuk membahas lingkup kerja sama yang akan disepakati oleh kedua belah pihak. Kepala BSN Bambang Prasetya memimpin langsung pertemuan ini pada Jumat (18/1/2019) di Kantor BSN, Jakarta. Hadir sebagai perwakilan pihak UZSTANDARD yakni Duta Besar Uzbekistan untuk Republik Indonesia Ulugbek Rozukulov, Director of State Certification Centrestate Company in Bukhare Region Muhtorov Abdurakhman, Head of The Department of International Relations and Legal Expertise of UZSTANDARD Orifboef Abdullox, Head of Sector of State Committee for Tourism Development for Bukhara Region Jahongir Sayidov, serta The Second Secretary of The Embassy of the Republic of Uzbekistan in Jakarta.

Sebelumnya, BSN dan UZSTANDARD telah menjalin kerja sama di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian melalui MoU pada tahun 2011 dan telah berakhir pada tahun 2017. Dalam MoU baru nantinya, tidak hanya bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian yang digarap, tetapi juga metrologi. Selain itu, kerja sama ke depan akan memasukkan pasal mengenai halal.

Saat ini, BSN maupun UZSTANDARD sedang menyiapkan draft MoU. Kedua belah pihak tengah menelaah substansi dan konsultasi dengan legal advisory. Diharapkan pada akhir bulan ini rancangan tersebut dapat selesai dan segera ditandatangani.

Hadir pula dalam pertemuan ini Sekretaris Utama BSN Puji Winarni, Deputi Bidang Akreditasi BSN Kukuh S. Achmad, Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN Zakiyah, Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, serta Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Layanan Informasi BSN Nasrudin Irawan.(ria-humas)