Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Disperindag Tanjab Timur Persiapkan Pasar Tradisional Tertib Ukur, Ini Langkah yang Dilakukan

  • Senin, 11 Februari 2019
  • - -
  • 340 kali

Kliping Berita

Senin, 11 Februari 2019 10:27

Tribun Jambi/Darwin Sijabat

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanjung Jabung Timur berencana menjadikan Pasar Tradisional Talang Babat sebuah percontohan Pasar Tertib Ukur.

Untuk mewujudkan hal tersebut, beberapa hal menjadi perhatian dan haris dilengkapi. Di antaranya menyediakan tempat khusus dan perlengkapan alat timbang.

Kepala Disperindag Kabupaten Tanjabtim, Hero Suratman, melalui Kabid Pengelola Pasar, Hardiansyah, mengungkapkan sebelum percontohan Pasar Tertib Ukur itu diterapkan, terlebih dahulu pihaknya akan menyosialisasinya kepada pedagang maupun pembeli.

Tujuan sosialisasi dan pengenalan ke pedagang untuk memudahkan pedagang sehingga memahami dan mendukung program tersebut.

"Kalau tujuan kita sendiri tidak lain, supaya hak konsumen dapat terpenuhi dan terlindungi," ujarnya.

Menurutnya, konsep yang akan diterapkan di Pasar Talang Babat tersebut, agar seluruh pedagangnya dapat menggunakan timbangan standar SNI. 

Pasalnya indikator Pasar Tertib Ukur tersebut ialah pedangangnya harus menggunakan timbangan ber SNI.

"Kalau ada pedangan yang belum mengunakan timbangan ber SNI, akan kita imbau untuk mengunakannya, agar program ini terwujud," ujarnya.

Dijelaskannya,menjelang program itu dapat diterapkan, pihaknyabakan meletakan contoh timbangan standar SNI. Bahkan pihaknya juga akan menyediakan ruangan khusus konsumen maupun pedagang untuk menimbang ulang.

"Insya Allah di 2019 ini juga program itu akan direalisasikan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjambi.com dengan judul Disperindag Tanjab Timur Persiapkan Pasar Tradisional Tertib Ukur, Ini Langkah yang Dilakukan, http://jambi.tribunnews.com/2019/02/11/disperindag-tanjab-timur-persiapkan-pasar-tradisional-tertib-ukur-ini-langkah-yang-dilakukan.


Penulis: Abdullah Usman
Editor: duanto


Link : http://jambi.tribunnews.com/2019/02/11/disperindag-tanjab-timur-persiapkan-pasar-tradisional-tertib-ukur-ini-langkah-yang-dilakukan

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat