Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KLT BSN Makassar mengadakan bimbingan teknis pelatihan audit internal bagi stakeholder di SulSel

  • Jumat, 22 Februari 2019
  • Pusat ALLI
  • 880 kali

Dalam rangka mendukung “Sulawesi Selatan Ber-SNI” Kantor Layanan Teknis (KLT) Badan Standardisasi Nasional (BSN) Makassar mengadakan pelatihan Bimbingan Teknis Pelatihan Audit Internal yang berbasis SNI ISO 9001:2015 dan SNI ISO/IEC 17025:2017 di lingkungan Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (19/2/2019), di Makassar. Kegiatan ini merupakan salah bagian dari tindaklanjut MoU Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan BSN. Kegiatan ini diikuti oleh 36 orang peserta dari berbagai stakeholder yaitu Pelaku Usaha termasuk UKM, Akademisi dan Lembaga Penilaian Kesesuaian.

Menurut Taufiq Hidayat, dari KLT BSN Makassar, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan penerapan SNI di Sulawesi Selatan baik oleh industri besar, menengah, kecil maupun oleh organisasi atau perguruan tinggi”. Pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pembinaan penerapan SNI yang dimulai dari Sosialisasi Pemahaman SNI ISO 9001:2015 dan SNI ISO/IEC 17025:2017. “Harapan kami, setelah pelatihan ini para peserta dapat mengimplementasikan di lingkungannya masing-masing dengan menjadi auditor diinternal organisasinya dengan pengetahuan teknik audit yang baik dan benar sesuai dengan standar acuan.

Materi yang diberikan dalam pelatihan adalah bagaimana melakukan audit internal dengan teknik yang sesuai dengan standar acuan. Para peserta sangat antusias dengan pelatihan ini karena berlangsung dengan menarik dengan instruktur Naskah Filailah yang dalam melakukan penyampaian materi dengan berdiskusi kelompok dan melakukan praktek langsung untuk kegiatan audit internal sehingga semua peserta aktif. Selain itu, diberikan pula contoh-contoh dokumen yang siap untuk dilakukan praktik audit dalam kelas sehingga menambah wawasan para peserta. Setiap organisasi yang menerapkan sistem manajemen mutu harus melakukan audit internal.

BSN sudah berkontribusi untuk mendukung penerapan SNI di Sulsel ini sejak 2017 mendirikan Kantor Layanan Teknis Makassar yang berlokasi di Graha Pena lantai 11. Dengan adanya KLT di Makassar ini, stakeholder dapat berkonsultasi dan mendampat bimbingan penerapan SNI dengan dekat dan mudah. BSN berharap Pemerintah Propinsi Sulsel dapat terus menggiatkan programnya untuk meningkatkan penerapan SNI di Sulsel. Saat ini sudah 30 UMKM Sulsel dalam pendampingan penerapan SNI oleh BSN (opiq).



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat