Penelitian dan Pengembangan Standardisasi

 

Pusat Penelitian dan Pengembangan Standardisasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan rumusan kebijakan, pembinaan, koordinasi program dan penyusunan rencana di bidang penelitian dan pengembangan standardisasi dalam aspek perumusan standar, penerapan standar, akreditasi, informasi dan pemasyarakatan standardisasi serta kerjasama standardisasi dan kegiatan lain yang terkait. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam alinea di atas, Pusat Penelitian dan Pengembangan Standardisasi menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

a. Penyiapan rumusan kebijakan di bidang penelitian dan pengembangan
b. Pembinaan dan koordinasi program di bidang penelitian dan pengembangan
c. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan standardisasi
d. Penyusunan program dan tata operasional penelitian dan pengembangan
e. Pelaksanaan kerjasama di bidang penelitian dan pengembangan
f.  Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi penelitian dan pengembangan

Pusat Penelitian dan Pengembangan Standardisasi terdiri dari:


a.   Bidang Program dan Tata Operasional Penelitian

Bidang ini mempunyai tugas melaksanakan penyiapan penyusunan pedoman, norma, kriteria, prosedur, program dan perencanaan serta melaksanakan koordinasi dan penatalaksanaan kegiatan di bidang penelitian dan pengembangan standardisasi dalam seluruh aspek kegiatannya.


b.   Bidang Evaluasi dan Kerjasama Penelitian

Bidang ini mempunyai tugas melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pengelolaan hasil penelitian dan pengembangan standardisasi serta kerjasama penelitian dan pengembangan standardisasi dalam seluruh aspek kegiatannya.


c.   Kelompok Jabatan Fungsional

Jabatan ini merupakan jabatan non struktural yang merupakan wadah bagi para peneliti di Badan Standardisasi Nasional. Tugasnya membantu kegiatan di kedua bidang di atas dan melaksanakan kegiatan yang bersifat penelitian dan pengembangan baik individu maupun organisasi.

Kebijakan dan Arah Penelitian

    
Puslitbang mempunyai tujuan yaitu: (1) Menjadikan hasil penelitian yang bermanfaat bagi pusat-pusat dan biro yang terdapat di lingkungan Badan Standardisasi Nasional dalam rangka mendukung program dan kebijakan dalam pusat tersebut, (2) Mendesiminasikan hasil-hasil penelitian kepada pihak-pihak yang berkepentingan.  Proses kerja litbang mengikuti alur proses yang terdapat dalam lampiran organisasi manual. Di awali dengan data rencana strategis, tren standar internasional, kebutuhan pasar SNI, tingkat perdagangan internasional dan referensi lain, Puslitbang mulai mengumpulkan data-data tersebut untuk membentuk suatu riset question yang merupakan kebutuhan akan penelitian (need of research). Dengan dasar tersebut dibuatlah proposal penelitian, TOR dan RAB yang dengan dasar itu dilaksanakan penelitian. Hasil penelitian berupa laporan penelitian didesiminasikan ke pihak-pihak yang berkepentingan di lingkungan BSN.


Daftar Penelitian Tahun 2010 - 2016

Hasil Penelitian BSN Tahun 2016

SMAK Sinlui 1 Surabaya dan SMKN Sumsel akan Wakili RI di Olimpiade Standar Tingkat Dunia di Korea Upaya KLT BSN di Palembang Membumikan SNI di Sumsel Pemenang Kompetisi Standardisasi Tingkat Nasional SMA/SMK Tahun 2017 INDONESIA QUALITY EXPO 2017 Dinas Kesehatan Sumsel Ingin Terapkan SNI ISO 9001:2015 dan SNI ISO 37001:2016