Layanan Issuer Identification Number

PENERBITAN NOMOR IDENTIFIKASI (Issuer Identification Number/IIN)


 

 

Apa yang dimaksud dengan Issuer Identification Number (IIN) ?
Issuer Identification Number (IIN) atau kalangan perbankan mengenalnya dengan BIN (Bank Identification Number) adalah nomor identifikasi untuk mendukung interchange antar lembaga sebagai identifikasi secara khusus bagi lembaga yang menerbitkan kartu, khususnya untuk keperluan transaksi data elektronik.  Penerbitan nomor identifikasi ini mengacu kepada standar  ISO/IEC 7812.

Apa manfaat IIN bagi intitusi/lembaga ?
Manfaat IIN bagi institusi/lembaga :   Nomor identifikasi yang terdiri atas 6 digit ini bersifat unik untuk setiap institusi penerbit kartu dan berfungsi untuk mencegah terjadinya kesalahan identifikasi kegiatan transaksi data secara elektronik dan menghindari tumpang tindih penomoran identifikasi yang bersifat global di seluruh dunia dengan mengacu pada standar yang sama.  Pemanfaat dari nomor identifikasi ini tidak hanya terbatas bagi kalangan perbankan saja, tetapi juga dapat digunakan oleh airline, healthcare, telecommunication, merchandizing/retail, travel, entertainment, petroleum, dan institusi penerbit kartu lainnya.  


Persyaratan utama apa yang perlu diperhatikan bagi aplikan/pemohon?
Persyaratan utama bagi aplikan/pemohon dalam mendapat nomor IIN adalah:
a.   belum memiliki nomor identifikasi (IIN);
b.  merupakan institusi penerbit kartu;
c.  menggunakannya dalam kartu paling lambat 12 bulan sejak nomor diterbitkan;
d.  kartu dipergunakan dalam international, interindustry dan/atau intra-industry interchange environment;
e.  aplikan merupakan entitas tunggal (single entity) yang dibuktikan secara legal formal yang beroperasi dalam suatu peraturan perundang-undangan spesifik;
f.   tidak menggunakan nomor tersebut hanya sebagai pembeda produk, jasa atau teknologi (termasuk tapi tidak terbatas untuk integrated circuit cards), mengidentifikasi lokasi geografis, mengidentifikasi pegawai/karyawan atau memfasilitasi routing;
g.  tidak menggunakan nomor tersebut hanya untuk mengidentifikasi atau membedakan antara cabang atau bagian dalam organisasi aplikan (tidak terpisah entitas perusahaan/lembaga);
h.  aplikan tidak dapat meminta atau memesan spesifik IIN yang berada diluar ruang lingkup yang ada dalam ISO/IEC 7812.

Institusi atau lembaga mana yang berwenang memberikan IIN ?
Lembaga/institusi yang berwenang memberikan IIN adalah badan standar nasional yang ada di negara yang bersangkutan, untuk Indonesia adalah melalui BSN. Setiap badan standar nasional bertindak sebagai Sponsoring Authority yang memproses untuk setiap permintaan (aplikasi) IIN, dan selanjutnya diteruskan kepada Registration Authority yang ditunjuk oleh ISO dan IEC yang dalam hal ini adalah American Banking Association (ABA), sehingga setiap Sponsoring Authority yang mengurus aplikan IIN harus menyampaikannya ke ABA selaku Registration Authority ISO/IEC 7812.

Bagaimana prosedur penerbitan IIN ?

Prosedur penerbitan IIN adalah :

1) Pihak aplikan mengajukan surat permohonan informasi dalam mendapatkan nomor identifikasi diatas yang ditujukan kepada Kepala Pusat Kerjasama Standardisasi-BSN sebagai Sekretariat Tim Pengelola Layanan Jasa IIN (contoh surat terlampir);

2) Sekretariat Tim Pengelola Layanan Jasa IIN (BSN) akan memeriksa apakah pemohon tersebut sudah memiliki nomor IIN atau belum, jika belum maka akan diproses lebih lanjut, sedangkan bila sudah memiliki nomor IIN maka akan ditolak;

3) Pihak BSN akan membalas surat permohonan yang berisi penjelasan mekanisme IIN dan meminta pihak aplikan untuk melengkapi persyaratan yang terdiri atas form aplikasi, akta perusahaan dan dokumen legalitas lainnya (contohnya surat dari BI tentang status bank), dan form kesepahaman (term and condition) tentang proses aplikasi (form terkait terlampir); Setelah aplikan menyampaikan persyaratan yang diminta, Sekretariat akan melakukan validasi dan verifikasi;

4) Dari hasil validasi dan verifikasi diatas, Sekretariat akan menginformasikan kepada aplikan jika ada kekurangan. Apabila kelengkapan dokumen sudah terpenuhi maka proses selanjutnya adalah aplikan harus melakukan pembayaran biaya permohonan IIN;

5) Setelah pembayaran diterima oleh Bendahara Penerima BSN, Sekretariat akan menginformasikan jadwal dan susunan tim verifikasi lapangan;

6) Hasil dari verifikasi lapangan jika ada kekurangan maka tim verifikasi lapangan akan menyampaikan ke aplikan untuk menyerahkan bukti tindakan perbaikan (bila ada) dan akan dilaporkan dalam rapat Tim Sekretariat untuk mendapatkan rekomendasi;

7) Hasil rekomendasi dari Tim Sekretariat menjadi dasar untuk proses selanjutnya yang akan disampaikan kepada ABA untuk memperoleh Nomor IIN; 

8) Selaku Registration Authority, ABA akan menilai dan memberikan persetujuan dengan menerbitkan nomor identifikasi unik untuk aplikan (IIN’s Assignment);

9) Nomor identifikasi unik yang diberikan ABA akan disampaikan oleh BSN kepada aplikan untuk digunakan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan (dalam kurun waktu 12 bulan nomor tersebut harus sudah digunakan).


 


 
Berapa biaya untuk mendapatkan IIN ?
Biaya proses penerbitan IIN sebesar USD 100 + Rp. 4.500.000,- (sesuai PP No. 62/2007) yang nantinya akan dibuatkan surat pembayaran biaya proses aplikasi dan code billing oleh sekretariat IIN melalui aplikasi Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI).  Bukti transfer dikirim via faksímili No. 021 3927527 dan email: ketty.prasetianty@bsn.go.id; rizkirawati@bsn.go.id; bowo@bsn.go.id ditujukan ke Sekretariat Tim Pengelola Layanan Jasa IIN. 

Biaya tersebut diatas, diluar biaya konsumsi, transportasi dan akomodasi tim verifikasi lapangan yang dibebankan kepada wajib bayar (aplikan) pada saat pelaksanaan verifikasi lapangan.

Berapa lama proses penerbitan IIN ?
Proses penerbitan nomor identifikasi memakan waktu 1 - 2 bulan sejak aplikan telah menyelesaikan proses pembayaran.

Apakah IIN berlaku untuk satu intitusi/lembaga ?
IIN hanya diberikan satu untuk setiap institusi penerbit kartu dan institusi tersebut tidak diperbolehkan lagi meminta nomor baru, sehingga bagi institusi yang telah punya IIN maka otomatis permohonannya akan ditolak.

Berapa digit angka IIN yang diterbitkan ?
IIN yang diterbitkan sesuai ISO/IEC 7812 terdiri atas 6 digit dan kemudian digabung dengan Individual Account Identification (max. 12 digit) yang dapat divariasikan oleh penerbit kartu sesuai kebutuhannya serta check digit (1 digit) yang secara bersama disebut sebagai Primary Account Number (PAN), sehingga PAN tersebut maksimal dapat terdiri atas 19 digit angka.

STANDAR LAYANAN PUBLIK IIN

GRAFIK IKP 2013 - 2015

Informasi lanjut tentang IIN ?
Sekretariat Layanan Jasa IIN Pusat Kerjasama Standardisasi – BSN Gedung BPPT I, Jl. M.H. Thamrin No. 8 - Jakarta Telp. 021 3927527 ext. 128,148 Fax. 021 3927527 E-mail: ketty.prasetianty@bsn.go.id; rizkirawati@bsn.go.id; bowo@bsn.go.id Contact person: Ketty Mustika, Rizki Irawati, Muhamad Wibowo Sukendar.

PERPANJANGAN WAKTU SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL INDONESIA QUALITY EXPO 2017 HUT RI Ke - 72 Tahun, Indonesia Kerja Bersama Hati -Hati Penipuan Atas Nama Pimpinan BSN/ KAN SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL