Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Selenggarakan Workshop Skema Akreditasi & Sertifikasi SNI ISO 21001:2018

  • Kamis, 10 Oktober 2019
  • 2763 kali

ISO 21001:2018 adalah standar manajemen internasional pertama di dunia untuk organisasi pendidikan, yang telah dipublikasikan pada bulan Mei tahun 2018 lalu. Standar ini memberikan panduan tentang bagaimana memberikan kualitas dalam lingkungan pendidikan yang terus berubah, dengan tujuan untuk membantu penyedia layanan pendidikan dalam memberikan layanan yang lebih baik.ISO 21001:2018 adalah standar sistem manajemen internasional pertama di dunia untuk organisasi pendidikan, yang telah dipublikasikan pada bulan Mei tahun 2018 lalu.

Standar ini memberikan panduan tentang bagaimana memberikan kualitas dalam lingkungan pendidikan yang terus berubah, dengan tujuan untuk membantu penyedia layanan pendidikan dalam memberikan layanan yang lebih baik. Dalam rangka memperingati Bulan Mutu Nasional yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2019, BSN dan KAN menyelenggarakan Workshop Skema Akreditasi dan Sertifikasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan di Grand Patra, Semarang (10/10). 

Workshop ini bertujuan mengkolaborasi keterlibatan para pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan penilaian kesesuaian dalam rangka pengembangan skema akreditasi dan Sertifikasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. SNI ISO 21001: 2018 juga dapat diterapkan untuk organisasi pendidikan formal dan informal, seperti lembaga pendidikan pelatihan, lembaga pelatihan dan lainnya.

Kepala BSN, Bambang Prasetya mengatakan bahwa sertifikasi berdasarkan SNI ISO 21001 : 2018 diharapkan dapat mendukung dan melengkapi sistem akreditasi maupun sistem penjaminan kualitas penyelenggara pendidikan yang sudah dimiliki pemerintah, pelaksanaan sertifikasi ini pun tidak menggugurkan kewajiban penyelenggara pendidikan dalam memenuhi persyaratan regulasi yang telah ditetapkan. Penerapan SNI ISO 21001:2018 diharapkan mampu memberikan nilai tambah kepada organisasi pendidikan di Indonesia berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Acara dilanjutkan dengan diskusi panel, hadir sebagai pembicara Triningsih Herlinawati (BSN), Sofyan Hadisaputra (PT BSI Group Indonesia) selain itu workshop melibatkan juga Muhammad Rosiawan (Praktisi Pendidikan) dan Agus Setiabudi (BAN Perguruan Tinggi) serta dihadiri peserta dari lembaga sertifikasi dan institusi pendidikan. (Awg)