Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

UKM Pempek dan Kerupuk Ikan Palembang Raih HACCP

  • Rabu, 23 Oktober 2019
  • 2551 kali

UKM tersebut adalah Pempek Honey dan Kerupuk Ikan Rizky, keduanya UKM Palembang binaan BSN. Sertifikat HACCP (Hazard Analytical Critical Control Point) tersebut diterbitkan oleh Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang yang terakreditasi KAN sebagai lembaga inspeksi untuk Penerapan HACCP (LI-092-IDN) .

 

Sertifikat diserahkan oleh Kepala BKIPM Palembang, Sugeng Prayogo di Palembang (10/10/2019). Dengan sertifikasi HACCP ini diharapkan makin terbuka lebar peluang produk UKM Olahan Ikan Pempek dan Kerupuk Ikan Palembang untuk ekspor.

 

Saat ini Pempek Honey terus berupaya melakukan penjajagan ekspor ke pasar Asia, baik melalui event pameran maupun festival budaya antarbangsa melayu.

 

Untuk kerupuk Ikan Rizky, sedang dijajagi pasar Singapura dan Arab Saudi melalui agen ibadah haji/umroh maupun teman-teman tenaga kerja migran. UMKM Rizky saat ini sedang didampingi oleh KLT BSN Palembang dan PT PUSRI (melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) untuk sertifikasi SNI produk kerupuk ikan. (kltplm)




­