Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Integritas Perusahaan Melalui Sertifikasi SNI-ISO 37001

  • Rabu, 27 November 2019
  • Humas BSN
  • 203 kali

Integritas perusahaan dapat ditingkatkan melalui penerapan sistem yang baik dalam mencegah penyimpangan pengelolaan keuangan. Salah satunya, melalui penerapan Anti-Bribery Management System atau sertifikasi SNI ISO 37001. Sejatinya, perusahaan berintegritas akan memiliki tingkat trust yang tinggi.

Direktur PT Mutuagung Lestari Sumarna mengatakan, terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh instansi dengan mengantongi sertifikat SNI ISO 37001. Di antaranya, sertifikasi itu dapat digunakan organisasi untuk membantu mencegah, mendeteksi, melaporkan, serta menangani kasus penyuapan.

"Untuk mencegah terjadinya penyimpangan korupsi, perlu dibangun sebuah ekosistem anti korupsi, yang dimulai dari pencegahan penyuapan. Oleh karena itu, sistem ini bisa diterapkan oleh berbagai institusi, termasuk organisasi atau perusahaan swasta," ucapnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai perusahan sudah menyadari dan memiliki komitmen untuk mencegah tindakan penyimpangan korupsi. Salah satunya, telah dilakukan oleh Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Manado. Sertifikasi SNI ISO 37001 berhasil diperoleh BKP Kelas 1 Manado, pada pertengahan November ini. BKP Kelas 1 Manado tercatat menjadi institusi pertama di Sulawesi Utara yang berhasil meraih sertifikasi SNI-ISO 37001.

Kesadaran terhadap pentingnya penerapan Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP) stau SNI-ISO 37001 juga sudsh mulai tumbuh pada institusi pendidikan. Contohnya, Universitas Jember yang telah berhasil mengantongi sertifikasi yang sama pada November ini (20/11). Universitas Jember bertekad mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di ranah akademik serta non akademik," ungkap Rektor Universitas Jember Moh. Hasan. Menurutnya, melalui pengalaman dan kompetensi intinya di bidang Sistem Manajemen, PT Mutuagung Lestari memperoleh pengakuan berskala nasional maupun internasional dan dapat mengakomodasi perusahaan-perusahaan yang hendak melaksanakan skema SMAP.

 

Link : https://mix.co.id/marcomm/news-trend/tingkatkan-integritas-perusahaan-melalui-sertifikasi-sni-iso-37001/



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat