Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standardisasi Perkuat Daya Saing dalam Revolusi Industri 4.0

  • Sabtu, 07 Desember 2019
  • Humas BSN
  • 1107 kali

Perkembangan dunia industri saat ini sudah memasuki revolusi industri 4.0 dimana tren otomasi, pertukaran data terkini, komputasi awan, Internet of things (IoT), hingga kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) digunakan untuk memudahkan kegiatan operasional kita.

Sejalan dengan itu, peranan standardisasi dalam industri sudah tidak bisa ditawar lagi. Untuk menyikapi hal tersebut, Universitas Pamulang (Unpam) mengadakan Seminar Nasional Teknologi Teknik Mesin (SNTTM) 2019 dengan tema "Peranan Standar Nasional Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0" pada Sabtu (7/12/2019) di Auditorium Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Hadir sebagai pembicara, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya menjelaskan bagaimana standar dapat meningkatkan daya saing bagi produk yang ada di Indonesia. "Bagaimana kita untuk bangsa ini bisa unggul dengan mengembangkan teknologi melalui berbagai upaya untuk mengolah sumber daya kita untuk menjadi nilai tambah yang tinggi," paparnya.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, BSN bersama mitra, yaitu lembaga akreditasi, LPK, Laboratorium, dan lain sebagainya berusaha untuk meningkatkan daya saing menuju Indonesia maju dan SDM unggul.

"Maka di BSN ada tiga pilar, yaitu pengembangan standar, akreditasi, dan metrologi," jelasnya. Oleh karena itu, sambung Bambang, tiga pilar untuk dipakai mulai dari melindungi konsumen kita, meningkatkan akses produk, dan bagaimana membuka pasar global, menjadi platform inovasi, dan menciptakan keunggulan yang kompetitif.

Dalam seminar yang dibuka oleh Rektor Universitas Pamulang, Dayat Hidayat ini, juga turut menghadirkan pembicara, yaitu Senior Manager HRD PT. Yamaha Indonesia, Kalkausar Chalid dan Direktur PT. Metrologi Global Solusi (MGS), Wenda Permana. Seminar nasional ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa Teknik Mesin Unpam.

Untuk mendukung peranan standardisasi dalam perguruan tinggi, Kepala BSN, Bambang Prasetya menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Rektor Universitas Pamulang, Dayat Hidayat, tentang Penguatan Kapasitas Kelembagaan dan Tridharma Perguruan Tinggi di Bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

Adapun dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini, akan membuka kerja sama antara BSN dengan Unpam dalam upaya untuk meningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian, pengembangan dan pembinaan penerapan SNI, riset dan diseminasi hasil riset di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian, peningkatan partisipasi akademisi dari Universitas Pamulang dalam kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian, serta pertukaran dan diseminasi informasi di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Turut hadir dalam acara ini, Rektor Universitas Pamulang, Dayat Hidayat; Wakil Rektor II Unpam, Subarto; Dekan Fakultas Teknik Unpam, Syaiful Bahri; Ketua Program Studi Teknik Mesin Unpam, Juhana; Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri; serta dosen Fakultas Teknik Unpam.(Tyo-Humas)