Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BIG dan BSN Resmikan Gerai SNI Corner

  • Rabu, 11 Desember 2019
  • 1323 kali

 

BOGOR, KANALINDONESIA.COM — Badan Informasi Geospasial bersama Badan Standar Nasional (BSB) meresmikan gerai Standar Nasional Indonesia (SNI) Corner di Pusat Pelayanan Terpadu BIG, Cibinong, Bogor, Jawa Barat (10/12/2019).

Melalui gerai ini, masyarakat akan dengan cepat mengakses dan memanfaatkan dokumen berstandar SNI di bidang informasi geospasial.

Penandatanganan kerjasama BIG dan BSN sekaligus peresmian SNI Corner di lingkungan BIG ini dilakukan oleh Wiwin Ambarwulan selaku Kepala Pusat Promosi dan Kerjasama BIG dengan Zul Amri selaku Kepala Biro Humas dan Informasi, Badan Standarisasi Nasional.

Ealam sambutannya, Wiwin Ambarwulan mengatakan SNI Corner di lingkungan BIG sudah sesuai dengan amanat UU Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial beserta turunannya, yaitu PP Nomor 9 Tahun 2014, bahwa BIG sebagai instansi pembina penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG) nasional wajib memfasilitasi pembangunan infrastruktur IG guna memperlancar penyelenggaraan IG.

Menurutnya, salah satu pilar infrastruktur IG tersebut adalah standar. Di BIG, tugas tersebut diemban Kedeputian Bidang Infrastruktur IG, khususnya di Pusat Standardisasi dan Kelembagaan IG.

“Seluruh proses penyelenggaraan IG diharapkan mudah diakses seluruh pihak dengan adanya standar yang bermutu. Mulai dari pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan pengamanan, penyebarluasan, serta penggunaan data dan IG,” ujar Wiwin.

Ia menjelaskan, data dan IG sejatinya menjadi Iandasan di setiap proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan. Hal tersebut pada gilirannya akan memberikan dampak yang positif terhadap kemajuan pembangunan di semua sektor.

Kemudian, yang perlu diperhatikan dari proses standardisasi adalah tahapan implementasi atau enerapannya. Harus dihindari adanya penyusunan standar tanpa memperhatikan monitoring sejauh mana penerapannya oleh para penyelenggara IG. Penerapan standar dimulai dari proses sosialisasi standar itu sendiri kepada para calon penggunanya.

“Kehadiran SNI Corner di BIG menjadi salah satu sarana sosialisasi standar (dalam hal ini SNI) kepada para pemangku kepentingan IG. Fasilitas SNI Corner ini harus senantiasa dirawat dan ditingkatkan fungsinya seoptimal mungkin. Ke depan, kerja sama serta koordinasi dengan BSN tetap dibutuhkan, bahkan ditingkatkan. Sebab, salah satu fungsi SNI Cornerjuga sebagai agen ‘penjualan‘ dokumen SNI,” katanya..

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Informasi, Badan Standarisasi Nasional, Zul Amri menuturkan, kerjasama ini merupakan salah satu cara BSN untuk mempromosikan SNI. Meskipun sudah banyak produk yang dihasilkan, namun penerapan SNI belum optimal.

“Kami fahami bahwa penerapan SNI masih rendah penerapannya. jika dilihat dari industri, banyak standar mutu. Kami berharap dengan adanya SNI Corner ini stakeholder bisa dengan mudah mengakses SNI sehingga penerapannya nanti lebih baik,” kata Zul.

“SNI Corner di BIG ini cabang yang ke-31 1.Sebelunya buka di perguruan tinggi ada 12, perguruan tinggi 10 dan 9 dari pemerintaan daerah disana,” imbuh Zul. @Rudi

 

Link : https://kanalindonesia.com/78148/2019/12/10/big-dan-bsn-resmikan-gerai-sni-corner/