Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Bukan Cuma Helm, Peta Daerah Juga ber-SNI

  • Rabu, 11 Desember 2019
  • Humas BSN
  • 721 kali

METROPOLITAN.id – Badan Informasi Geospasial (BIG) bersama Badan Standarisasi Nasional (BSN) sepakat membuat standardisasi untuk peta daerah di seluruh Indonesia. Tujuannya, agar hasil peta yang sudah dibuat bisa lebih akurat dan mudah digunakan.

Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerjasama BIG, Wiwin Ambrawulan mengatakan, standardisasi pada peta daerah harus diterapkan. Langkah ini juga dilakukan agar lebih efisien di waktu maupun sumber daya manusia.

Hingga saat ini, ada sekitar 50 kota/kabupaten yang sudah membuat peta daerah dan peta batas desa kepada BIG. Kerjasama SNI juga menjamin hasil geospasial BIG dapat dimanfaatlan oleh masyarakat.

“Saat ini kami mengurus 34 provinsi. BIG juga memiliki kebijakan satu peta yang mencakup seluruh Indonesia. Semua datanya harus terstandarisasi,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri mengatakan, pemilihan BIG salah satunya sebagai sertifikasi profesi geospasial. Sertifikasi tersebut mengandung kompetensi sesuai dengan standar yang ada.

“Jadi di BIG ini ada 86 SNI yang diterbitkan. BIG juga saat ini sedang mendukung kebijakan pemerintah untuk pemetaan dan segala macamnya. Jadi ini salah satu cara BSN untuk mempromosikan SNI,” pungkasnya. (fin)

 

Link : http://www.metropolitan.id/2019/12/bukan-cuma-helm-peta-daerah-juga-ber-sni/



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat