Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Tandatangani MoU dengan KRISS

  • Kamis, 12 Desember 2019
  • Humas BSN
  • 3408 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menandatandatangani Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Korea Research Institute of Standards and Science (KRISS). Penandatanganan dilakukan oleh Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN, Hastori, dan Presiden KRISS, Sang-Ryoul Park di sela-sela Sidang Umum (General Assembly) Asia-Pacific Metrology Programme 2019 di Sydney, Australia pada Kamis (05/12/2019).

 MoU ini mencakup kerja sama teknis dalam bidang metrologi dan merupakan kelanjutan MoU sebelumnya yang pernah ditandatangani tahun 2012.

Sebagaimana diketahui, SNSU BSN (sebelumnya Pusat Penelitian Metrologi LIPI) telah menjalin kerja sama dengan KRISS sejak tahun 2005 dalam posisi masing-masing sebagai lembaga metrologi nasional atau national metrology institute (NMI) di Indonesia dan di Korea Selatan. KRISS adalah salah satu NMI paling maju di wilayah Asia-Pasifik dan bahkan di dunia. Kerja sama antara SNSU BSN dan KRISS selama ini meliputi pelatihan dan lokakarya kemetrologian di KRISS bagi staf SNSU BSN; kunjungan tenaga ahli dari KRISS ke SNSU BSN untuk memberikan bimbingan teknis maupun sebagai peer reviewer untuk layanan kalibrasi SNSU BSN; serta kesempatan studi S2 dan S3 di KRISS di bawah University of Science and Technology (UST). Saat ini ada sepuluh orang lulusan S2 dan S3 dari UST-KRISS di SNSU BSN, dan tiga orang lagi sedang atau akan menempuh program studi di UST-KRISS. (Probo)