Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Program Pasar Juara, Revitalisasi Pasar-pasar di Sejumlah Daerah Hampir Selesai

  • Kamis, 26 Desember 2019
  • 4288 kali

PIKIRAN RAKYAT - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag)Jawa Barat memastikan progres revitalisasi pasar lewat program Pasar Juara positif.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Indag Jabar Eem Sujaemah mengatakan, sejumlah proses revitalisasi pasar lewat program Pasar Juara di sejumlah daerah sudah hampir tuntas.

“Sampai akhir 2019 ini, untuk yang Kota Banjar alhamdulillah sudah 100% pada tanggal 20 Desember kemarin,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu, 25 Desember 2019.

Sisanya di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, lalu Kabupaten Sukabumi menurutnya angkanya saat ini rata-rata mencapai 90% dan bisa tuntas sampai akhir tahun 2019 ini.
Kadis Indag Jabar Mohammad Arifin Soendjayana mengatakan, Pasar Juara adalah program untuk melakukan revitalisasi dan pembangunan sarana dan prasarana pasar rakyat di Jawa Barat agar sesuai dengan SNI 8152:2015.

“Program ini didukung oleh kegiatan pengembangan kapasitas sumber daya manusia agar pasar rakyat menjadi rumah ekonomi dan rumah budaya kebanggaan masyarakat Jawa Barat,” katanya.

Menurut dia, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wagub Uu Ruzhanul Ulum menaruh perhatian penguatan pasar rakyat di 27 Kabupaten/Kota agar dapat berinovasi kreatif digital dengan tata kelola yang lebih professional. “Tujuan program ini agar pasar rakyat dapat berdaya saing tanpa mengesampingkan unggulan local dan budaya,” kata Arifin.

Arifin menjelaskan pada tahun 2019, revitalisasi dilakukan di 7 pasar rakyat di 6 daerah, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

Arifin mencatat pada 2020, bantuan keuangan untuk revitalisasi akan diberikan pada sekitar 12 pasar rakyat yang berada di Sumedang, Cianjur, Majalengka, Tasikmalaya, dan Cirebon.

“Bantuan keuangan besarannya bervariasi, sesuai hasil verifikasi ke lapangan yang kami lakukan. Ada yang mendapat Rp10 miliar, Rp15 miliar bahkan ada yang Rp6 miliar,” katanya***

 

Link : https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01327942/program-pasar-juara-revitalisasi-pasar-pasar-di-sejumlah-daerah-hampir-selesai




­