Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pesisir Selatan kejar target pasar SNI

  • Senin, 13 Januari 2020
  • Humas BSN
  • 605 kali

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengupayakan pasar-pasar di daerah itu memenuhi kritirea Standar Nasional Indonesia (SNI) di 2021.

"Sejak beberapa tahun terakhir hingga tahun ini kami fokus membangun pasar, dan di 2021 fokusnya lebih ke pemenuhan kriteria pasar SNI," kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian setempat, Hendro Kurniawan di Painan, Sabtu.

Ia menjelaskan pasar SNI mesti memenuhi beberapa kriteria yakni umum dan teknis, pada kriteria umum mencakup lokasi pasar, kebersihan dan kesehatan, keamanan serta kenyamanan.

Sementara di kriteria teknis mencakup ruang dagang, aksesibilitas dan zonasi, pos ukur ulang dan sidang tera, fasilitas umum, keselamatan bangunan dan lain sebagainya.

Menurutnya penerapan SNI pasar tidak hanya akan menguntungkan para penjual, tapi juga menguntungkan para pembeli.

"Semuanya akan nyaman dengan adanya penerapan SNI, bagi penjual mereka akan leluasa karena terdapat pengaturan tentang ruang dagang yang memadai. Sementara pembeli juga lebih nyaman dan tidak was-was membeli barang yang harga jualnya diukur dengan satuan berat karena di pasar terdapat pos ukur ulang gratis," sebutnya lagi.

Khusus pembangunan pasar di 2020 ini, pihaknya mengaku telah mengajukan anggaran Rp20 miliar ke pemerintah pusat untuk membangun dan merevitalisasi lima unit pasar dengan estimasi biaya masing-masing Rp4 miliar.

Kelima pasar tersebut yakni Pasar Lakitan di Kecamatan Lengayang, Pasar Air Pura di Kecamatan Air Pura, Pasar Lunang di Kecamatan Lunang, Pasar Air Haji di Kecamatan Linggo Sari Baganti dan Pasar Sago di Kecamatan IV Jurai.

Selain mengajukan anggaran ke pemerintah pusat, di tahun ini pihaknya juga menyiapkan pos anggaran di APBD kabupaten sekitar Rp8 miliar yang juga untuk membangun pasar.

Sementara itu pada 2019 dikucurkan anggaran sebesar Rp24,7 miliar yang digunakan membangun dan merevitalisasi 11 pasar di daerah setempat, anggaran tersebut bersumber dari APBD kabupaten maupun APBN.

 

Link : https://sumbar.antaranews.com/berita/318432/pesisir-selatan-kejar-target-pasar-sni



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat