Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rektor: UNSRI Siap Lanjutkan Kerja Sama dengan BSN

  • Jumat, 14 Februari 2020
  • KLT Palembang
  • 435 kali

Diterima di ruang Rektor UNSRI, Kantor Pusat Administrasi di Kampus UNSRI Bukit Besar Palembang, BSN melalui KLT BSN Wilayah Palembang, menyampaikan sederet implementasi kerjasama BSN dengan UNSRI yang sudah dua kali periode sejak 2009.

 

Dua periode kerja sama BSN-UNSRI sudah diisi dengan berbagai kegiatan, dari mulai pengajaran (pendidikan) standardisasi di jurusan Kimia FMIPA, di Teknologi Hasil Pertanian. Pengajaran baik melalui, kuliah umum, mata kuliah pilihan dan penelitian mahasiswa (magang dan skripsi) serta pelatihan teknis standardisasi untuk sebagai penunjang atau suplemen dalam SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah).

 

Selain itu juga, kerja sama dalam pengabdian masyarakat dalam bentuk bimbingan kepada UKM dan kelompok petani kopi di wilayah 3T terluar, terdalam dan tertinggal yakni di Pondok Pesantren Darul Ulum di Dusun Segamit, Semendo Darat Ulu, Muara Enim.

 

BSN dan UNSRI juga bekerja sama dalam pengembangan kompetensi lembaga penilaian kesesuaian (laboratorium dan lembaga sertifikasi), baik di lingkungan UNSRI maupun di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

 

Rektor UNSRI, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. langsung menyambut baik kerjasama periode ke-3 dengan BSN. Prof. Dr. Anis Saggaf berharap di periode ketiga ini kerjasama dapat juga difokuskan pada pemanfaatan dan standardisasi hasil riset dan paten UNSRI, baik untuk UKM maupun untuk keperluan internal.

 

Tekad saya sebagai Rektor ingin UNSRI ini bisa mandiri dan berdikari, untuk itu kami membentuk Badan Pengelola Usaha (BPU) UNSRI tahun 2018 untuk mendorong komersialisasi hasil riset dan paten karya UNSRI.

 

Selain itu juga pengembangan laboratorium dan lembaga sertifikasi, Guru Besar di jurusan Teknik Sipil yang juga Qori MTQ tingkat nasional ini, sangat mendukung, bahkan sudah memprogramkan untuk membantuk Laboratorium Terpadu UNSRI serta Halal Research Center, yang akan menjadi salah satu ruang lingkup pengembangan Lab dan Lembaga Sertifikasi.

 

Pertemuan satu setengah jam ini, Rektor UNSRI didampingi oleh Wakil Rektor IV bidang kerja sama, Dr. Muslim, Direktur Utama BPU UNSRI, Prof. Dr. Zulkifli Dahlan, dan Dr. Suheryanto, dosen militan standardisasi UNSRI yang juga menjabat Kepala Laboratorium Kimia Terpadu FMIPA yang akan dikembangkan menjadi Lab. Terpadu UNSRI, termasuk di dalamnya Laboratorium Halal.

 

Teknis penandatanganan naskah kerja sama akan dilakukan pada minggu ke-1 atau ke-2 Maret 2020 bertempat di Kampus UNSRI Palembang, sekaligus menghadirkan Kepala BSN untuk memberikan kuliah Umum. (kltplm)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan LAPOR

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat