Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Manajemen Anti-Suap ala Pengelola Candi di Yogyakarta

  • Kamis, 19 Maret 2020
  • Humas BSN
  • 181 kali

Liputan6.com, Yogyakarta - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko menerapkan sistem manajemen anti-suap. Sistem yang digunakan mengacu pada SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ini membantu organisasi menyusun, mengimplementasikan, dan memelihara program kepatuhan terkait anti-suap.

"Standar ini fleksibel dan bisa diterapkan pada semua jenis organisasi," ujar Bambang Prasetya, Kepala BSN, dalam Kickoff Implementasi SMAP PT TWC di di Kantor TWC, Yogyakarta pada Jumat (13/3/2020).

Ia menuturkan sistem manajemen ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyuapan, baik di kalangan internal maupun level nasional. Sistem manajemen anti-suap ini dimulai dari BUMN sebab BUMN menjadi salah satu soko guru ekonomi Indonesia.

 

Ia berharap sistem manajemen yang diterapkan di candi-candi besar di Yogyakarta ini bisa menjadi role model bagi organisasi yang bergerak di sektor pariwisata lainnya.

Bambang menyebutkan indikator sistem manajemen anti-penyuapan, seperti leadership, komitmen, pengelolaan manajemen risiko, komunikasi, dan masih banyak lagi.

"Yang sering saya alami ada oknum menawarkan atau melirik-lirik tetapi dengan menerapkan sistem manajemen anti-suap bisa jadi senjata untuk proteksi," ucapnya.

Membantu Proses Bisnis

Direktur Utama PT TWC Edi Setijono menjelaskan sistem manajemen anti penyuapan ini membantu proses bisnis.

"Kami ingin menerapkan transparansi anti-penyuapan," tuturnya.

Ia mencontohkan, ketika menerima tamu di kantor, tamu bisa membaca papan pengumuman anti-suap yang terpasang. Tamu bisa menjadi lebih nyaman dan tidak berprasangka dalam berbisnis serta tidak perlu basa-basi karena sudah pasti TWC tidak menerima suap.

Edi tidak menampik pernah ada upaya suap di TWC terutama saat pengadaan. Namun, kini sudah ada sistem yang mengatur pengadaan, termasuk menerapkan pembayaran non-tunai.

 

Link : https://www.liputan6.com/regional/read/4204389/manajemen-anti-suap-ala-pengelola-candi-di-yogyakarta



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan LAPOR

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat