Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SBQua AMDK Pertama Produksi Empat Lawang Siap Penuhi Kebutuhan Lokal Air Minum Aman dan Halal

  • Rabu, 27 Mei 2020
  • KLT Palembang
  • 1212 kali

Empat Lawang, salah satu kabupaten termuda di Sumatera Selatan (330 km arah barat Palembang) memiliki wilayah seluas 2,2 juta Km2 dan jumlah penduduk 330 ribu jiwa. Secara geografis, berlokasi di ketinggian antara 50-2500 mdpl di area Bukit Barisan menjadikan kabupaten yang terbentuk 2007 ini kaya sumber atau mata air. Namun kebutuhan masyarakat lokal akan air minum yang aman belum dapat terpenuhi.

 

Kondisi tersebut menjadikan begitu banyaknya produk Air Minum Dalam kemasan (AMDK) dari luar yang masuk ke wilayah Empat Lawang. Hal ini membuat H. Asmawi salah satu tokoh masyarakat di Kecamatan Pendopo berpikir untuk mendirikan PT SBQua untuk memproduksi AMDK sendiri sekaligus dapat memberdayakan masyarakat yang ada disekitar tempat tinggalnya.

Berdasarkan dari niat tersebut maka H. Asmawi meminta bantuan dari Badan Standardisasi Nasional melalui Kantor Layanan Teknis BSN Wilayah Sumatera Selatan untuk dibina dan didampingi dalam penerapan SNI 3553:2015 tentang Air Mineral.

 

UMKM SBQUA yang berlokasi di Desa Gunung Meraksa Baru Kecamatan Pendopo (sekitar 8 jam perjalanan darat dari Palembang) ini memproduksi produk air mineral dalam kemasan cup ukuran 150ml dan 220ml, memiliki karyawan sebanyak 10 orang SBQUA mampu memproduksi sebanyak 1000 dus/bulan.

Pendampingan oleh BSN dilakukan dengan skema co-sharing, berbagi sumber daya. Sejak pertengahan 2019, pendampingan dilakukan dari awal sampai produk SBQua siap masuk pasar dari Gap analisis, pelatihan dan perbaikan, membangun sistem produksi, melengkapi ijin edar sampai sertifikasi halal. Kini SBQua sudah memiliki Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT) SNI, ijin edar BPOM dan Sertifikat Halal. SBQua siap penuhi kebutuhan lokal air minum aman dan halal. Produksi dan penjualan perdana akan dilakukan minggu ini. Bismillah. (kltplg)