Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pasar Klojen Lumajang Mendapat Apresiasi Pengelolaan Pasar yang Baik

  • Senin, 22 Juni 2020
  • Humas BSN
  • 140 kali

 

Lumajang, InfoPublik – Pasar Klojen Kabupaten Lumajang mendapatkan apresiasi dari Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur, terkait manajemen pengelolaan pasarnya yang baik.

“Kami sangat mengapresiasi dengan tata kelola Pasar Klojen di Lumajang, karena dari segi kebersihan dan sarana prasarana Pasar Klojen sudah layak menjadi pasar yang berstandar nasional,” ujar Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur Artono saat memberikan sosialisasi dan memantau pasar rakyat dengan skema ganjil genap penerapan Phsycal Distancing, di Pasar Klojen Lumajang, Sabtu (20/6/2020).

Artono juga menyampaikan, bahwa menyikapi masa transisi New Normal ditengah pandemi Covid-19, Pasar Klojen telah disiplin menerapkan protokol kesehatan, kesadaran penuh para pedagang dan pembeli juga terlihat saat beraktivitas di dalam pasar yang juga menerapkan Physical Distancing.

"Ini pasar yang menurut saya sangat modern ya, dan betul-betul mengikuti protokol kesehatan, semua sudah pakai masker dan pelindung wajah, juga jaraknya diatur, Physical Distancing juga dilaksanakan," kata dia.

Artono menambahkan, bahwa dari hasil pemantauannya bersama tim, dirinya tidak mendapati permasalahan yang perlu ada penanganan secara serius. Namun, ia tetap meminta agar Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang melakukan pemantauan setiap harinya, sehingga aktivitas di Pasar Klojen tetap tertib dan disiplin.

“Kami juga sempat meninjau pusat pelayanan dan informasi, untuk inovasi berupa aplikasi yang dapat membantu masyarakat untuk berbelanja atau transaksi online, yakni aplikasi Bantu Ibu yang berada di lokasi Pasar Klojen, karena inovasi ini sangat membantu mempermudah aktivitas belanja ditengah pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bakorwil V Jember Tjahyo Widodo menerangkan, bahwa selain telah dijadikan sebagai pasar tangguh, Pasar Klojen saat ini juga telah dipersiapkan untuk memperoleh sertifikat Standart Nasional Indonesia (SNI).

"Pasar ini sudah terklarifikasi, ya ini sudah menuju pasar SNI, ini nanti kita dorong, sekarang ini pasar ini didorong menjadi pasar tangguh artinya jangan sampai pasar ini menjadi sebaran Covid-19," terangnya.

Dirinya juga berharap, agar nantinya Pasar Klojen dapat bersaing dengan berbagai pasar modern di daerah lainnya, yang saat ini juga tengah berkembang.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang Chairil Diani mengungkapkan, bahwa dalam pemantauan tersebut, ada beberapa masukkan dan saran yang diberikan Komisi E DPRD Provisin Jatim, agar ke depan dapat melakukan penataan dan pengelolaan pasar yang lebih baik.

"Alhamdulillah, hari ini DPRD Provinsi Jatim meninjau pasar kita, dan hasilnya beliau-beliau sudah puas dengan tata dan pengelolaannya, walaupun tetap ada beberapa masukan," ungkap dia.

Meskipun demikian, dirinya bersama jajaran Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan dalam pengelolaan Pasar Klojen. (MC Kab. Lumajang/Fd/An-m)

 

Tautan Berita: Pasar Klojen Lumajang Mendapat Apresiasi Pengelolaan Pasar yang Baik