Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Mulai 1 September 2020, Layanan Kalibrasi Hanya Dilayani di Sini

  • Jumat, 28 Agustus 2020
  • 6160 kali

Kedeputian Standar Nasional Satuan Ukuran - Badan Standardisasi Nasional (SNSU-BSN) adalah unsur pelaksana tugas dan fungsi BSN yang mempunyai tugas menyusun serta melaksanakan kebijakan di bidang pengelolaan SNSU. Melalui Direktorat SNSU Mekanika, Radiasi, dan Biologi (MRB) serta Direktorat SNSU Termoelektrik dan Kimia (TK), BSN menyediakan jasa layanan pengukuran, kalibrasi, dan uji profisiensi bagi para pemangku kepentingan di bidang metrologi. Layanan kalibrasi di Laboratorium SNSU-BSN telah mendapatkan pengakuan dari Biro Internasional untuk Ukuran dan Timbangan (BIPM) terkait Kemampuan Kalibrasi dan Pengukuran (Calibration and Measurement Capabilities - CMCs).


Informasi penting kali ini hadir dari kedeputian yang juga memegang peran sebagai lembaga metrologi nasional di Indonesia ini. Terhitung sejak tanggal 1 September 2020, Layanan Pengukuran, Kalibrasi, dan Uji Profisiensi di Laboratorium SNSU-BSN hanya menerima pendaftaran baru melalui laman sparta.bsn.go.id. Namun, para pelanggan yang telah melakukan pendaftaran sebelum tanggal 1 September 2020, akan tetap dilayani sesuai dengan prosedur yang berlaku sebelumnya. Pelanggan baru yang belum mendapatkan konfirmasi pendaftaran akan dilayani menggunakan mekanisme baru ini.

Di masa pandemi ini, BSN senantiasa mengupayakan pelayanan kalibrasi dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Informasi mengenai protokol kesehatan yang berlaku pada Laboratorium SNSU-BSN dapat diunduh di sini. Informasi lebih lanjut seputar layanan pengukuran, kalibrasi, dan uji profisiensi pada Laboratorium SNSU-BSN dapat ditanyakan melalui telepon dengan nomor 021-7560533 / 021-7560534 / 021-7560571, melalui faksimili di nomor 021-7560568 / 021-7560064, atau melalui email ke nmi@bsn.go.id.

 

alur pendaftaran kalibrasi