Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Luncurkan SPARTA, Sistem Layanan Metrologi Laboratorium SNSU

  • Selasa, 01 September 2020
  • Humas BSN
  • 601 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Kedeputian Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) meluncurkan sebuah sistem pelayanan elektronik untuk melayani pengguna jasa kemetrologian yang diselenggarakan oleh Laboratorium SNSU BSN. Sistem pelayanan ini berupa portal Sentra Pelayanan Metrologi Terpadu (SPARTA) yang dapat diakses melalui laman sparta.bsn.go.id.

Peluncuran portal SPARTA ini diresmikan oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad secara virtual pada Selasa (01/09/2020). Acara yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom dan disiarkan langsung melalui kanal Facebook dan YouTube BSN ini juga dilaksanakan secara tatap muka di Auditorium Gedung SNSU, Tangerang Selatan yang dihadiri para peneliti dan pegawai di lingkungan SNSU.

Kepala BSN, Kukuh S. Achmad menyampaikan, Standar Nasional Satuan Ukuran yang diamanatkan UU No.20 Tahun 2014 yang dikelola oleh BSN, harus menjadi acuan tertinggi pengukuran di Indonesia. Adapun tugas SNSU adalah untuk menyediakan, mengembangkan, memelihara, dan diseminasi. "Dalam hal ini, SPARTA terkait langsung dengan tugas diseminasi SNSU melalui layanan kalibrasi," ujar Kukuh. "Dengan diluncurkannya aplikasi ini, kita ingin pelayanan kita menjadi lebih baik," tambahnya.

Pembangunan sistem pelayanan SPARTA ini merupakan langkah awal dalam rangka perbaikan pelayanan terhadap masyarakat agar para pengguna jasa lebih mudah mengakses layanan dan dapat berinteraksi dengan petugas pelayanan. Hal ini diungkapkan oleh Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran BSN, Hastori.

"Dikembangkannya sistem SPARTA berbasis elektronik di laboratorium SNSU ini sebagai bentuk implementasi reformasi birokrasi yang menekankan kepada pelayanan yang efisien dan transparan," ungkap Hastori.

Menurut Direktur SNSU Mekanika, Radiasi, dan Biologi BSN, Agustinus Praba Drijarkara, melalui SPARTA, informasi mengenai jenis layanan maupun harga akan lebih mudah diakses, dan proses pendaftaran dan pemantauan proses oleh pelanggan juga lebih mudah sehingga memberikan kepastian dan kepuasan bagi pelanggan. Dalam sistem ini menyediakan informasi mengenai layanan yang disediakan oleh Laboratorium SNSU BSN, yaitu layanan pengukuran, kalibrasi, dan uji profisiensi.

Informasi layanan pengukuran dan kalibrasi yang terdapat dalam SPARTA meliputi 6 bidang pengukuran yaitu massa dan besaran terkait, panjang, akustik & vibrasi, suhu, kelistrikan dan waktu, radiometri & fotometri. Sedangkan layanan uji profisiensi meliputi besaran-besaran yang terdapat pada bidang pengukuran metrologi kimia.

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Nurtjahjo Eka Darmayanti, sebagai inisiator aplikasi SPARTA, dan M. Azzumar, sebagai pengembang aplikasi SPARTA. (Tyo - humas)

 

Galeri Foto: BSN Luncurkan SPARTA, Sistem Layanan Metrologi Laboratorium SNSU