Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Dukung Semangat Sports Science, Sports Tourism, dan Sports Industry

  • Rabu, 09 September 2020
  • Humas BSN
  • 424 kali

Di dalam kesempatan Puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37 Tahun 2020 pada Rabu (9/9/2020) di Jakarta, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memberikan arahan bahwa olahraga berperan sebagai pendongkrak ekonomi nasional karena menyangkut kerja sama dengan berbagai industri. Salah satunya dalam penyelenggaraan ajang-ajang olahraga besar yang perlu didukung dari berbagai sektor diantaranya sektor produksi suvenir hingga media dan penyiaran. “Olahraga sebagai pendongrak ekonomi nasional, industri yang cakupannya sangat luas, events, pakaian, sepatu, bola, media dan penyiaran, termasuk produksi suvenir, piala yang melibatkan UMKM juga perusahaan multinasional,” jelas Presiden.

“Target pasar dari daerah juga global, ini menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan sports tourism yang menjadi tren pariwisata baru yang pasarnya sangat luas yang memberikan multiplier effect bagi masyarakat. Indonesia memiliki gunung, laut, danau, alam yang indah juga kaya akan seni dan budaya. Peluang sports tourism akan semakin besar pasca pandemi, oleh karena itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, Indonesia yang alamnya Indah,” sambung Presiden. Menurut Presiden, pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terbaru harus dilakukan, pengembangan manajemen baru yang lebih baik, kembangkan sistem informasi dan big data analytic untuk mencari calon-calon atlet berbakat.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali menyampaikan bahwa tema Haornas 2020 yaitu sports science, sports tourism, dan sports industry bertujuan yang diantaranya adalah mendampingi pembinaan olahraga yang dapat mengukur dengan tepat sehingga hasilnya dapat menjadi standar dan panduan atlet.

Acara yang turut disiarkan secara virtual ini dihadiri oleh sejumlah Pimpinan Kementerian/Lembaga baik daerah maupun pusat, termasuk Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad.

BSN selaku lembaga pemerintah non kementerian yang mengembangkan dan membina kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia, sesuai dengan semangat Haornas 2020 yaitu sports science, sports tourism, dan sports industry, telah menetapkan kurang lebih 31 Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait dengan olahraga seperti contohnya SNI 2180:2014 Bola Sepak; SNI 1286:2014 Bola Voli; SNI 7817.1:2013 Bola Futsal; dan SNI 1282:2009 Bola Basket.

Selamat Hari Olahraga Nasional, Semangat baru olahraga, Indonesia Maju. (PjA – Humas)