Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

  • Kamis, 01 Oktober 2020
  • Humas BSN
  • 678 kali

 

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tingkat Pusat dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur pada Kamis (01/10/2020) pukul 08.00 WIB pagi dengan tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”. Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) beserta jajaran Eselon 1 BSN turut mengikuti secara virtual melalui kantor BSN di Jl. M. H. Thamrin, Jakarta Pusat. Mengingat kondisi pandemi, upacara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara ini dilangsungkan secara sederhana dan khidmat, dengan sangat minimalis dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

 

“Dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kita menegaskan kembali jati diri bangsa Indonesia, bahwa kita mempunyai dasar negara, Pancasila, yang mengakomodasi semua kepentingan bangsa. Oleh karena itu, kita juga mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika, karena negara kita terdiri dari banyak suku, bangsa, dan Bahasa. Indonesia adalah salah satu negara dengan keragaman yang luar biasa, tetapi kita bisa Bersatu dalam satu dasar negara, yaitu Pancasila.” Ungkap Kepala BSN, Kukuh S. Achmad saat ditemua seusai upacara.

 

Para Pejabat Negara yang bertugas di antaranya, Ketua MPR-R, Bambang Soesatyo, yang membacakan Teks Pancasila; Ketua DPR-RI, Puan Maharani, sebagai pembaca naskah UUDNRI sekaligus pembaca dan penandatanganan IKRAR; pembacaan doa oleh Kemenko PMK RI, Muhadjir Effendy; serta dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim; Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto; dan Kepala Kepolisian RI, Jenderal Idham Azis. (Put – Humas)