Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peringatan Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional 2020

  • Kamis, 22 Oktober 2020
  • dedi dedi
  • 2540 kali

 

 

Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia, Standardisasi dan penilaian kesesuaian hadir memberikan panduan bagaimana mengurangi dampak negatif pandemi Covid-19 dan melakukan adaptasi kebiasaan baru. Kondisi ini akan menjadi tema utama pada  BMN tahun 2020  yang  dapat dijadikan momentum  untuk melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan penguatan daya saing nasional melalui pemantapan infrastruktur mutu seperti, standardisasi, akreditasi, sertifikasi, inspeksi dan lain-lain.

Tema yang diambil pada tahun ini adalah "Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian untuk Hidup Sehat dan Produktif". Peran standar menjadi sangat penting dalam mendukung kesehatan dan produktivitas. Dengan standar, Alat Perlindungan Diri yang digunakan lebih terjamin, Penggunaan standar pada mobil listrik ataupun instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Mengurangi polusi dan risiko kerusakan lingkungan.

Ada yang spesial pada pelaksanaan BMN tahun ini, yaitu pelaksanaannya dilaksanakan secara virtual, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk mengurangi risiko penyebaran covid-19. Pembukaan BMN tahun 2020 akan dilaksanakan di Gedung Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN, sekaligus meresmikan Gedung yang berlokasi di Kawasan PUSPIPTEK Serpong tersebut.  Dengan adanya Laboratorium SNSU tersebut, diharapkan dapat meningkatkan ketertelusuran pengukuran khususnya di bidang kimia dan biologi serta sektor kesehatan, yang selama ini masih banyak tergantung kepada negara lain.

Event ini akan diisi dengan  berbagai  kegiatan, di antaranya Seminar Nasional, Sosialisasi, Sarasehan, Workshop, Temu Teknis, Talkshow dan Pameran produk ber-SNI. Untuk informasi lebih lengkap dan pendaftaran calon peserta BMN 2020 Anda bisa mengakses situs bmn2020.bsn.go.id. Mari kita sambut Bulan Mutu Nasional 2020 dengan semangat new normal. (disem)

 

Attachment