Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sinergi Penerapan SNI 8748:2019 untuk Pengelolaan Pendakian Gunung yang Berkelanjutan

  • Rabu, 14 Oktober 2020
  • KLT Palembang
  • 559 kali

Sebagai bagian dari upaya membangun sinergitas para pengelola pendakian dalam melaksanakan pengelolaan pendakian gunung yang sesuai dengan SNI 8748-2019 Pengelolaan Pendakian Gunung (PPG), Balai Taman Nasional Gunung Merbabu mengadakan kegiatan Kalipasang Camp pada tanggal 10 – 11 Oktober 2020. Kegiatan yang dihadiri oleh Sesdirjen KSDAE Kementerian KLHK Ir. Tandya Tjahjana, M.Si, ini juga sebagai bagian dari sosialisasi penerapan SNI 8748:2019 tentang PPG.

 

BSN yang diwakili dari Tegar Pradipta, Direktorat Penguatan Penerapan Standar dan PK ikut menjelaskan substansi SNI dan mendorong pentingya penerapan SNI 8748 ini untuk dapat digunakan sebagai acuan bagi para pengelola pendakian dalam mengelola jalur pendakiannya agar semakin membuat nyaman para pendaki dan utamanya adalah tetap terpeliharanya kelestarian alam pegunungan. Senada dengan yang disampaikan BSN, Kepala BTN Gunung Merbabu dan Sesdirjen KSDAE mendukung dan mengajak semua pengelola pendakian untuk dapat menerapkan SNI ini termasuk seluruh pengelola pendakian gunung di Indonesia.

 

Hadir dalam acara ini Kepala Balai TN Gunung Ciremai, Kepala Balai Karimun Jawa, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, serta perwakilan dari Balai Besar TN Gunung Bromo Tengger Semeru, Balai TN Gunung Halimun Salak, Balai TN Gunung Merapi dan Balai KSDA Jateng. Acara bincang santai yang juga dihadiri oleh artis penyuka traveling adventure Medina Kamil, anggota Federasi Mountenering Indonesia (FMI), KLHK, BSN, dan perwakilan beberapa pengelola pendakian gunung di Jawa Tengah ini juga mengahsilkan sebuah kesepakatan “DEKLARASI KALIPASANG”, yang salah satu poin kesepakatanya adalah para pengelola pendakian gunung akan menggunakan SNI 8478:2019 sebagai salah satu acuan dalam menyusun dan menerapkan SOP pengelolaan pendakian gunung.



BSN memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya acara ini. Harapan kedepan kegiatan pengelolaan pendakian dapat dilaksanakan sesuai SNI 8748-2019 PPG dan bagi para pengelola dapat saling meningkatkan komunikasi dan sinergi (ppspk).