Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Unhas-BSN Webinar Standarisasi Produk Inovasi Berdaya Saing Nasional

  • Senin, 19 Oktober 2020
  • 944 kali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin bersama Badan Standarisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan webinar nasional bertema "Standarisasi Untuk Hilirisasi Produk Inovasi Unggulan Daerah Berdaya Saing Nasional", Senin (19/10/2020). 

Hadir sebagai Keynote Speaker Dr Jumain Appe (Direktur Jenderal Penguatan Inovasi-Kemenristek/BRIN) serta dua narasumber lainnya yakni Prof Bambang Prasetya (Peneliti Ahli Utama-Pusat Riset dan Pengembangan SDM BSN) dan Prof Muh Nasrum Massi (Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unhas).

Kepala BSN Drs Kukuh S Ahmad menjelaskan, webinar ini merupakan tindak lanjut kerja sama Unhas dan BSN, untuk mendiskusikan peran standarisasi dalam mendorong produk inovasi.

"Sinergitas antara pemerintah, perguruan tinggi dan industri dalam pengembangan produk inovasi sangat diperlukan. Hal ini akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi yang kita ketahui bersama tidak lepas dari aktivitas penelitian," jelas Kukuh.

Prof Muh Nasrum Massi menjelaskan, Unhas terus melakukan transformasi sebagai respon terhadap perkembangan internal dan eksternal, salah satunya melalui transformasi riset inovasi.

Implementasi riset dan inovasi Unhas ditunjukkan dalam beberapa kebijakan pimpinan universitas, di antaranya alokasi insentif dana bagi peneliti yang berhasil mendapatkan HAKI, membangun Maiwa Breeding Center (MBC), rumah sakit, dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Sementara Jumain Appe selaku keynote speaker menyampaikan materi terkait Kebijakan Komersialisasi Produk Inovasi Nasional.

Jumain memaparkan pentingnya standardisasi produk inovasi, kebijakan riset dan inovasi dalam pembangunan nasional, hingga pada ekosistem inovasi dan produk inovasi.

“Inovasi dan standardisasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Dengan adanya standarisasi dapat membantu proses promosi dan layanan inovatif, karena membangun kepercayaan di antara industri dan konsumen serta mendorong pasar berskala besar,” kata Jumain.

“Produk inovasi akan bertambah nilainya jika terstandarisasi. Misalnya saja dalam aspek ekonomi, produk inovasi yang berstandar akan mudah dipasarkan,” kata Prof Bambang Prasetya menambahkan.

Selain itu, Prof Bambang menambahkan dengan adanya standardisasi maka berpengaruh pada peningkatan jaminan mutu, efisiensi produksi, meningkatkan perlindungan kepada konsumen serta adanya kepastian, kelancaran, dan efektivitas transaksi perdagangan barang/jasa dalam dan luar negeri.

 

 

Link: https://makassar.tribunnews.com/2020/10/19/unhas-bsn-webinar-standarisasi-produk-inovasi-berdaya-saing-nasional