Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kenalkan Indahnya Kain Nusantara, Tim DWP BSN Juarai Lomba Vlog Kearifan Lokal Nusantara

  • Rabu, 23 Desember 2020
  • Humas BSN
  • 673 kali

Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada setiap tanggal 22 Desember, Dharma Wanita Persatuan Badan Standardisasi Nasional (DWP BSN) mengikuti Lomba Vlog bertema “Kearifan Lokal Nusantara” yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN). Mengusung tema Ragam KAIN (Karya Indonesia), Tim DWP BSN berhasil meraih juara dalam Kategori Pakaian Tradisional yang diumumkan pada Selasa (22/12/2020).

Dalam video yang ditampilkan, Tim DWP BSN mengajak masyarakat untuk mengenali beberapa contoh ragam kain tradisional yang ada di Indonesia beserta filosofinya. Kain tenun Nusa Tenggara Timur (NTT), misalnya.

Ketua DWP BSN, Agni Pantyaswari menjelaskan, selain terkenal akan keindahannya, kain tenun NTT melambangkan kedewasaan seorang wanita, karena gadis NTT yang akan menikah harus sudah pandai menenun. Kain Tenun NTT terbuat dari kapas lokal yang dipintal, kemudian diwarnai dengan pewarna alam dan ditenun.

“Teknik dan cara pembuatannya diturunkan secara turun-temurun dari generasi ke generasi,” terang Agni.

Selain kain tenun NTT,  Tim DWP BSN juga menjelaskan filosofi dari kain tenun songket dari Sumatera, kain sasirangan dari Kalimantan Selatan, kain lurik dari Yogyakarta, serta kain batik dari Cirebon.

Seluruh proses pembuatan vlog ini dilakukan sendiri oleh Tim DWP BSN, mulai dari penyusunan ide, model, koleksi kain, hingga proses pengambilan gambar dan editing.

Semoga semangat yang ditunjukkan oleh Tim DWP BSN di hari Ibu ini dapat menginspirasi kita semua. Selamat Hari Ibu !! (ald-Humas)