Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

CAPAIAN BSN 2020

  • Minggu, 24 Januari 2021
  • Humas BSN
  • 716 kali

Undang-Undang nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian memberikan mandat kepada Badan Standardisasi Nasional atau BSN sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggungjawab melaksanakan tugas pemerintah di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Tahun 2020, meskipun menghadapi tantangan pandemi Covid-19 yang melanda dunia, BSN terus melaksanakan tugas dan fungsinya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk-produk Indonesia melalui kegiatan-kegiatan di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian.

 

Berikut capaian BSN pada tahun 2020 :

 

Dalam pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI), pada tahun 2020, BSN telah menetapkan 461 SNI, termasuk SNI yang terkait dengan penanganan Covid-19.

Untuk meningkatkan kinerja pengembangan SNI, dilakukan restrukturisasi terhadap 152 Komite Teknis Perumus SNI.

Untuk memastikan kompetensi Lembaga Penilaian Kesesuaian di Indonesia, pada tahun 2020, BSN melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan penilaian akreditasi yang meliputi akreditasi awal, akreditasi ulang, surveilen, serta penambahan ruang lingkup kepada 509 Lembaga Sertifikasi dan Lembaga Inspeksi. Selain itu, BSN juga melakukan penilaian akreditasi kepada 1.104 laboratorium di seluruh Indonesia. Total, selama tahun 2020, BSN melalui KAN memberikan akreditasi terhadap 143 Lembaga Penilaian Kesesuaian.

Di tahun 2020, BSN telah memberikan pelayanan standardisasi dan penilaian kesesuaian kepada 13.445 stakeholder melalui Kantor Layanan Teknis BSN di Pekanbaru, Palembang, Bandung, Surabaya, dan Makassar.

Dalam rangka fasilitasi pembinaan penerapan standar, selama tahun 2020 BSN telah melakukan 249 pembinaan penerapan pelaku usaha dan LPK di seluruh Indonesia.

Melalui pengoperasian sistem akreditasi yang berorientasi kepada kompetensi, konsistensi, dan imparsialitas serta pengakuan internasional, tahun 2020, BSN menetapkan 14 Skema Akreditasi.

BSN juga menetapkan 30 skema penerapan standar untuk memudahkan pelaku usaha dalam menerapkan SNI.

Untuk mendukung penerapan standar di Indonesia, pada tahun 2020 terdapat 10 regulasi yang diharmonisasikan berdasarkan standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Adapun untuk mendukung pengembangan standardisasi dan penilaian kesesuaian SPK, pada tahun 2020 BSN menetapkan 14 peraturan.

Terkait riset dan pengembangan sumber daya manusia, pada tahun 2020 BSN telah melaksanakan 4 penelitian standardisasi dan 3 pelatihan terkait standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Sementara di bidang teknologi informasi, pada tahun 2020 BSN telah mengembangkan 1 Sistem Informasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (sispk.bsn.go.id).

 

Terkait dengan pengelolaan Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU), pada tahun 2020 BSN telah melakukan 133 pengukuran. Puncaknya, pada tahun 2020, BSN telah menyelesaikan pembangunan Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran di Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan. Laboratorium SNSU diresmikan oleh Menristek/Kepala BRIN pada 4 November 2020, bersamaan dengan peringatan Bulan Mutu Nasional 2020.

 

#BanggaMemakaiSNI