Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BKKP Kemenhub Kantongi Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan

  • Rabu, 24 Februari 2021
  • 918 kali

JawaPos.com – Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan berhasil memperoleh sertifikat Sistem Manajemen Mutu Anti Penyuapan ISO 37001: 2016. Kepala BKKP Hesti Ekawati menjelaskan, sistem manajemen anti penyuapan merupakan standar yang memiliki persyaratan dan menyediakan panduan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, meninjau dan meningkatkan sistem manajemen anti penyuapan. Sistem tersebut dapat berdiri sendiri atau dapat diintegrasikan dengan keseluruhan sistem manajemen.

“Dengan ini kami semakin berkomitmen penuh kepemimpinan untuk menetapkan budaya kejujuran, transparansi, keterbukaan dan kepatuhan,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (24/2).

Penyerahan sertifikat tersebut bersamaan dengan pencanangan zona integritas menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani. Serta penandatanganan pakta integritas yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen seluruh pegawai BKKP untuk dapat memberikan pelayanan terhadap masyarakat tanpa menerima imbalan.

Pakta integritas sendiri merupakan pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Hesti mengatakan tujuan dari penandatanganan pakta integritas adalah untuk mempertahankan wilayah bebas dari korupsi dan menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani.

“Untuk itu diperlukan pembangunan zona integritas dengan komitmen bersama pimpinan dan pegawai BKKP dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang profesional dan berintegritas,” ujarnya.

Dengan demikian, diharapkan hal ini dapat menjadi sistem manajemen mutu anti penyuapan yang akan menjadi instrumen bagi BKKP dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara baik dan terukur.

“Sehingga dapat mewujudkan pelayanan publik yang terbaik dan bebas korupsi,” pungkasnya.

 

Link: BKKP Kemenhub Kantongi Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (jawapos.com)