Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BPSMB Siap Layani Uji Sampel Beras Gorontalo

  • Selasa, 23 Maret 2021
  • Humas BSN
  • 439 kali

Bone Bolango, Infopublik - Tim analis laboratorium Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo proaktif melayani permintaan para pedagang beras.

Tenaga analis laboratorium ini mengambil sampel dan melakukan uji laboratorium terhadap beras yang akan diedarkan di pasaran.

Uji laboratorium terhadap komoditas pangan utama ini sangat dibutuhkan,  karena menjadi salah satu persyaratan perdagangan beras dalam kemasan di bawah 50 kg.

Sesuai Peraturan Menteri Perdagangan nomor 8 tahun 2019 tentang kewajiban pencantuman label kemasan beras.

Minat masyarakat Gorontalo terhadap beras bermutu semakin meningkat. Untuk mendapat jaminan mutu beras yang ada di pasaran telah ditetapkan standarisasi mutu beras.

Beras harus diuji mutunya sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan pengujiannya dilakukan oleh laboratorium yang terakreditasi.

"Pengujian mutu beras yang dilakukan di Laboratorium BPSMB Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo sudah memenuhi spesifikasi persyaratan mutu SNI nomor 6128:2015,“ kata Noviyanti Tilolango Analis BPSMB, Senin (22/3/2021).

Layanan pengujian ini sangat penting untuk mengetahui kadar air dalam beras sehingga dapat meningkatkan harga jualnya. Layanan ini juga akan memberi kepastian dan jaminan kepada para konsumen. (MC Gorontaloprov/Tahir/Rosyid/toeb)

 

Link: InfoPublik - BPSMB Siap Layani Uji Sampel Beras Gorontalo