Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Laboratorium Biofisik FKM Unhas Makassar penuhi Standar ISO 17025

  • Kamis, 01 April 2021
  • Humas BSN
  • 181 kali

Makassar (ANTARA) - Laboratorium Kimia Biofisik Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin memenuhi standar ISO 17025 yang prosesnya dilakukan Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Dekan FKM Unhas Dr Aminuddin Syam MKes M.Med.Ed di Makassar, Kamis, mengatakan pihaknya bersama kepala Laboratorium Kimia Biofisik mendiskusikan langkah apa yang harus dilakukan untuk melanjutkan proses akreditasi yang sudah dicanangkan oleh dekan sebelumnya.

"Setelah ada kesepakatan melanjutkan proses akreditasi, maka diputuskan mencari lembaga dengan pengalaman pendampingan pembuatan borang dan dokumen sebagai syarat diakreditasi," katanya.

KAN merupakan lembaga yang diakui Asia Pacific Accreditation Cooperation Incorporated (APAC) dan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC). Hal itu, artinya hasil uji laboratorium yang telah diakreditasi oleh KAN diakui oleh negara-negara anggota APAC dan ILAC. Hingga Maret 2021, KAN telah  mengakreditasi 1256 laboratorium penguji di seluruh Indonesia.

Aminuddin menuturkan berbagai upaya ditempuh untuk persiapan akreditasi ini. Langkah ini diawali dengan proses pelatihan para laboran dan pengelola laboratorium.

Juga dilakukan pendampingan membuat dokumen akreditasi, studi kelayakan, dan kesiapan internal melalui Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Unhas.

Dengan terakreditasinya Laboratorium Kimia Biofisik, maka jaminan kualitas semakin terjamin, baik laboran,alat-alat laboratorium, maupun metode.

Ia menjelaskan para pengguna dan mitra laboratorium tidak merasa khawatir ataupun ragu jika memeriksakan bahan atau produknya.

Selain itu, para mahasiswa mendapatkan garansi hasil penelitian sekaligus jaminan mutu manuskrip jika dimasukkan pada jurnal bereputasi.

"Ke depannya kami berharap dapat menambah jumlah parameter yang diakreditasi dan laboratorium kami dapat memberikan manfaat lebih baik secara internal maupun eksternal utamanya dalam pengembangan riset dan inovasi," ujarnya.

Kepala Laboratorium Kimia Biofisik Prof Syaifuddin mengatakan laboratorium perlu diakreditasi untuk memastikan kompetensinya berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017.

Prestasi yang diraih oleh Laboratorium Kimia Biofisik FKM Unhas juga tidak lepas dari pendampingan Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Sulawesi Selatan.

Sejak 2019, KLT BSN Sulsel melakukan pembinaan terhadap Lab Bioternak dalam penerapan standar tersebut.

 

Tautan Berita: Laboratorium Biofisik FKM Unhas Makassar penuhi Standar ISO 17025 - ANTARA News Makassar