Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dukung Inovasi, Kepala BSN Kunjungi Pabrik GeNose C19

  • Kamis, 29 April 2021
  • Humas BSN
  • 664 kali

Dalam rangka mendukung inovasi anak bangsa, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S.Achmad mengunjungi pabrik GeNose C19 di Science Techno Park UGM, Kamis (29/4/21). Kukuh diterima oleh Direktur Utama PT Swayasa Prakarsa, Iswanto; Ketua Tim Inventor GeNose C19, Prof. Kuwat Triyana; serta Direktur Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi Universitas Gadjah Mada, Hargo Utomo.

Kukuh menyatakan bahwa BSN siap mendukung inovasi anak bangsa, dengan mengembangkan standardisasi dan penilaian kesesuaian. “Inovasi anak bangsa harus kita dukung agar kebermanfaatannya semakin diterima oleh masyarakat,” tutur Kukuh.

Iswanto mengatakan, GeNose C19 ini unik karena belum banyak alat kesehatan lain yang menggunakan artificial intelligent (ai). “Saya kira ini perlu terus kita kembangkan, termasuk untuk mendeteksi berbagai penyakit lain,” ujarnya.

Sementara, Prof. Kuwat memaparkan progress pengembangan GeNose C19 secara singkat. Prof. Kuwat pun berharap, pengembangan GeNose C19 akan semakin kuat dengan didukung ketertelusuran standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Dalam kesempatan ini, Kukuh didampingi Sekretaris Utama BSN, Nasrudin Irawan; Direktur Penguatan Penerapan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno; Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan, dan Halal BSN, Wahyu Purbowasito; Direktur Sistem Harmonisasi Akreditasi, Sugeng Raharjo; Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid; Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi, dan Biologi BSN, Agustinus Praba Drijarkara; serta Peneliti SNSU, Oman Zuas. (ald-humas)

 

Dokumentasi kegiatan dapat dilihat di sini