Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sinergi Metrologi, Pulihkan Ekonomi Nasional

  • Kamis, 20 Mei 2021
  • Humas BSN
  • 698 kali

WMD 2021

"Pengukuran untuk Kesehatan" atau “Measurement for Health” dipilih sebagai tema Hari Metrologi Dunia (World Metrology Day) Tahun 2021. Diangkatnya tema ini merupakan ikhtiar untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya peran pengukuran dalam bidang kesehatan, dan juga dalam peningkatan kesejahteraan hidup, khususnya di masa pandemi COVID-19. Metrologi memegang peran sentral dalam inovasi ilmiah, industri manufaktur, perdagangan, kesehatan, keselamatan, keamanan, dan perlindungan terhadap kepentingan umum. Infrastruktur metrologi nasional yang kokoh dan kuat serta diakui secara internasional dapat secara tidak langsung menjamin mutu dan kualitas produk yang dihasilkan oleh industri dan secara tidak langsung dapat juga meningkatkan perekonomian nasional.

Pengelolaan Metrologi di Indonesia sendiri, dikelola oleh 2 instansi teknis yaitu Direktorat Metrologi (Ditmet) Kementerian Perdagangan dan juga Badan Standardisasi Nasional (BSN). Lingkup dan kewenangan pengukuran keduanya berbeda, namun memiliki tujuan yang sama, yaitu menjamin seluruh kegiatan pengukuran di Indonesia tertelusur ke standar internasional. Aktivitas pengukuran ini sangat penting dalam menjamin kesesuaian suatu produk terhadap standar acuan, khususnya jaminan bahwa pengukuran yang dilakukan dalam memproduksi barang tersebut telah sesuai, termasuk bagaimana menguji kesesuaian produknya.

Saat ini BSN telah melakukan Mutual Recognition Agreement (MRA) dengan Asia Pasific Metrology Programme (APMP) sebagai organisasi metrologi regional dan Bureau International Des Poids et Mesures (BIPM) atau yang lebih dikenal dengan Biro Internasional untuk Ukuran dan Timbangan sebagai organisasi metrologi internasional. Oleh karena itu, hasil pengukuran atau kalibrasi yang dilakukan oleh Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU), dapat diterima di seluruh negara anggota APMP dan BIPM.

Penyelenggaraan perayaan tahunan Hari Metrologi Dunia didedikasikan untuk memperingati penandatanganan Konvensi Meter pada tanggal 20 Mei 1875 oleh perwakilan dari tujuh belas negara. Tujuan dari Konvensi Meter adalah untuk menciptakan keseragaman pengukuran di seluruh dunia, hingga saat ini. Memperingati Hari Metrologi Dunia tahun ini, Deputi Bidang SNSU BSN bekerja sama dengan Ditmet Kementerian Perdagangan dan Himpunan Mahasiswa Metrologi dan Instrumentasi (HMMI) Akademi Metrologi (Akmet).

Peringatan Hari Metrologi Dunia tahun ini terdiri dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sejak 20 April 2021, antara lain Lomba Fotografi, Lomba Essay, Lomba Poster, dan Lomba Komik. Selain itu, BSN dan Ditmet Kementerian Perdagangan juga mengajak partisipasi masyarakat untuk dapat mengirimkan makalah (paper) dengan topik ‘Metrologi dan Kepercayaan Publik’ dan ‘Metrologi, Instrumentasi, dan Pandemi COVID-19’. Paper yang telah diterima akan direviu oleh tim penilai yang berasal dari gabungan para peneliti SNSU BSN, Ditmet, dan pengajar Akmet. Paper yang dinilai layak akan dipresentasikan pada kegiatan Seminar Nasional, dan selanjutnya diterbitkan dalam bentuk prosiding terdaftar.

Puncak rangkaian kegiatan Hari Metrologi Dunia 2021 akan dilaksanakan pada Senin, 24 Mei 2021 dalam Seminar Nasional dengan tema “Sinergi Metrologi Pulihkan Ekonomi Nasional”. Kegiatan tersebut dibuka dengan keynote speeches dari Kepala Badan Standardisasi Nasional bersama Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga, Kementerian Perdagangan. Seminar Nasional selama 2 hari ini akan menghadirkan para narasumber yang kompeten dibidangnya, untuk lebih mengenalkan keberadaan metrologi dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam mendukung pemulihan perekonomian nasional dalam kondisi pandemi COVID-19. Seminar Nasional ini akan dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom dan seluruh masyarakat dapat mengikutinya secara langsung. Informasi lengkap dapat dilihat pada akun media sosial BSN dan Ditmet Kemendag. (Nurlathifah - SNSU, David & Reza - HKLI)