Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dukung Food Estate, KAN Serahkan Sertifikat Akreditasi ke Lab Penguji di Sumsel

  • Minggu, 30 Mei 2021
  • Humas BSN
  • 181 kali

ItWorks- Komite Akreditasi Nasional (KAN) turut mendukung program Food Estate dari pemerintah dengan memberikan dukungan akreditasi laboratorium pengujian untuk memastikan kualitas dari hasil pertanian.

Dalam rangkaian kegiatan Kick Off Food Estate “Petani Bela Negeri” Agrosolution, (29/5), Deputi Bidang Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Sekretaris Jenderal KAN, Donny Purnomo menyerahkan Sertifikat Akreditasi Laboratorium Penguji untuk Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikulutra (UPTD BPSBTPH) Sumatera Selatan (Sulsel) yang diterima oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Penyerahan sertifikat akreditasi ini membuktikan bahwa UPTD BPSBTPH telah menunjukkan kompetensinya sebagai laboratorium penguji dengan menerapkan secara konsisten SNI ISO/IEC 17025:2017 Persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi. “Dengan perolehan akreditasi dari KAN, maka hasil pengujian dari UPTD BPSBTPH dengan ruang lingkup benih padi, jagung, dan bayam dapat diakui di dunia global,” ujar Donny selepas penyerahan sertifikat akreditasi dilansir Humas BSN, baru-baru ini.

Ditambahkan, hingga sekarang, 12 skema akreditasi yang dioperasikan oleh KAN telah mendapatkan pengakuan Mutual Recognition Arrangement (MRA) dalam organisasi International Accreditation Forum (IAF) dan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC). Salah satunya adalah skema akreditasi laboratorium pengujian. Dengan demikian, hasil uji dari laboratorium pengujian terakreditasi KAN diterima oleh seluruh anggota IAF dan ILAC di seluruh dunia. Saat ini, tercatat ada 1500 laboratorium penguji dengan berbagai ruang lingkup di seluruh Indonesia – 10 diantaranya terdapat di Sumatera Selatan – yang telah terakreditasi KAN,

Food estate sendiri merupakan program pemerintah untuk meningkatkan produksi pangan, melalui budidaya tanaman pangan yang ditanam di atas tanah dengan skala luas, lebih dari 25 ha. Pelaksanaan Food Estate dilakukan dengan konsep pertanian industrial yang dilandasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu dari enam daerah yang dipersiapkan untuk merealisasikan program Food Estate. (AC)

 

Tautan berita: Dukung Food Estate, KAN Serahkan Sertifikat Akreditasi ke Lab Penguji di Sumsel - ItWorks