Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Laboratorium Kalibrasi Terakreditasi KAN Jamin Kesetaraan Hasil Pengukuran

  • Sabtu, 05 Juni 2021
  • Humas BSN
  • 182 kali

Dalam rangka mendukung penjaminan mutu dan ketertelusuran kalibrasi, Deputi Bidang Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Akreditasi Nasional (KAN) bersama Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran bidang Mekanika, Radiasi, dan Biologi BSN, Agustinus Praba Drijarkara mengunjungi Balai Standardisasi Metrologi Legal (BSML) Regional II di Yogyakarta, Jumat (4/6/2021). Kunjungan tersebut diterima oleh Subkoordinator bidang bimbingan kemetrologian BSML Regional II, Arif Nurjaya mewakili pimpinan, beserta jajaran terkait.

BSML Regional II merupakan salah satu dari laboratorium kalibrasi yang telah terakreditasi KAN. Hingga Mei 2021, KAN telah memberikan akreditasi kepada 342 laboratorium kalibrasi di seluruh Indonesia, 8 diantaranya berada di Yogyakarta.

BSML Regional II memberikan pembinaan dan fasilitas kepada UPTD Metrologi Legal di wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara dengan potensi pelanggan mencapai 154 kabupaten/kota. Dalam memberikan layanan kalibrasi, BSML Regional II memiliki laboratorium massa, volume, suhu, dan dimensi.

Kalibrasi diperlukan untuk memastikan kesetaraan hasil pengukuran yang dilakukan oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Dalam kesempatan ini, Donny menyampaikan bahwa kalibrasi berperan penting untuk masyarakat. Salah satu contoh nyata adalah kalibrasi untuk alat ukur yang digunakan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Alat ukur yang terkalibrasi dapat menjamin ketepatan volume bahan bakar yang dikeluarkan. Dengan demikian, masyarakat yang membeli bahan bakar dapat memperoleh haknya sesuai dengan uang yang dibelanjakan. (ald-humas)