Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pasar Manis Sudah, Kini Bidik Pasar Wage, Pasar Berlabel SNI

  • Sabtu, 19 Juni 2021
  • Humas BSN
  • 349 kali

PURWOKERTO – Pasar bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) di Banyumas, baru ada di satu yaitu Pasar Manis Purwokerto. Padahal pasar SNI ini bisa menjadi salah satu upaya memberdayakan ekonomi kerakyatan.

Menurut Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas, Sarikin, pasar selanjutnya yang bisa diberi sertifikat SNI yaitu Pasar Wage Purwokerto. Sebab Pasar Wage Purwokerto menjadi pasar induk di Banyumas, dan termasuk pasar besar. Namun, masih ada komponen yang perlu didiskusikan.

“Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi,” katanya.

Pasar SNI harus memenuhi syarat berbagai sektor, seperti bangunanannya, serta pengelolaan parkir dan paguyuban pedagang. Sedangkan di Pasar Wage Purwokerto ada keterbatasan lahan. Perlu ada penataan dan pembenahan lagi.

“Perlu Ada penataan lagi untuk keseluruhan seperti bangunan, pengelola, dan pedagang, yang jadi syarat pasar bersertifikat SNI,” ujar Sarikin.

Dia menuturkan, penataannya harus hari-hari. Ada komunikasi dengan dengan berbagai pihak terkait.

“Perlu waktu dan bertahap untuk menetapkan pasar SNI,” tuturnya.

Dia pun menyampaikan, untuk pembuatan detail engineering design (DED) Pasar Wage dampak dari kebakaran beberapa waktu lalu, akan dilakukan tahun depan. (ely)

 

Tautan berita: Pasar Manis Sudah, Kini Bidik Pasar Wage, Pasar Berlabel SNI | RADAR Banyumas