Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Andi Rahman Dorong Daerah Manfaatkan BSN di Riau

  • Minggu, 20 Juni 2021
  • Humas BSN
  • 492 kali

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Riau  diminta Anggota Komisi II DPR RI, Arsyadjuliandi Rachman untuk memanfaatkan keberadaan Badan Standarisasi Nasional (BSN) di Riau.

Hadirnya BSN di Riau ini, bisa menaikan kelas Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Karena dengan industri mendapat sertifikasi SNI, maka bisa naik klas dan memiliki daya saing.

“Kita berharap kelembagaan BSN bisa dimanfaatkan masyarakat dan stokeholder terkait, seperti perguruan tinggi, dan kita dorong pemerintah kabupaten/kota. Saya pribadi akan bergandeng tangan dengan BSN untuk mensosialisasi tugas pokok dan fungsi BSN itu sendiri, supaya kabupaten/kota juga bisa memanfaatkan keberadaan BSN untuk mendorong IKM dan UKM di wilayahnya naik klas,” ujar Andi Rahman bisa ia disapa, , seperti dilansir Haluanriau.co, Ahad (20/6/2021)..

Mantan Gubernur Riau ini, ia melihat banyak potensi industri kecil di Riau, sejauh ini dari 12 kabupaten/kota di Riau, baru Kampar dan Kuansing yang sudah mendorong IKM-nya naik klas. Masih ada daerah lainnya yang berpotensi meningkatkan IKM, seperti di Kota Dumai, Pekanbaru, Rohil, Bengkalis dan daerah lainnya.

“Kalau kita melihat di negara berkembang seperti di Singapura, itu banyak IKM yang berdiri. Dan ini bisa menaikkan produk domestik bruto (PDB), yang disumbangkan dari sektor IKM baru, seperti yang ada di Singapuran dan negara maju lainnya. Nah dengan hadirnya BSN ini, akan ada suatu kepercayaan dari perusahaan yang akan memakai produk IKM yang sudah di sertifikasi oleh BSN, dengan adanya Standar Nasional Indonesia (SNI),” ujar Andi Rahman.

“Sekarang kepala daerah banyak yang baru dan muda, mudah-mudahan bisa cepat mengerti tentang kelembagaan BSN ini untuk menaikan kelas IKM dan UKM di wilayahnya. Dengan menjalin perusahaan skala besar didaerah, ini sangat perlu karena sekarang sudah waktunya seluruh IKM meningkatkan kualitas produk sesuai standar. Banyak perusahaan besar serta ritel yang meminta pelaku IKM bergabung sebagai mitra kerja, seperti yang telah dilakukan oleh Disperindag Riau,” kata Andi Rahman lagi.

Untuk diketahui, beberapa hari lalu 3 IKM yang ada di Provinsi Riau berhasil memperoleh sertifikat SNI dari BSN, ketiga IKM tersebut diantaranya, IKM Rumbio Jaya Steel, IKM Madu Wilbi, dan IKM Mutiara Madu Kuansing.  Sertifikat tersebut diberikan langsung oleh Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Kukuh S Achmad yang didampingi Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar, dan dihadiri anggota DPR RI Komisi II, Arsyadjuliandi Rahman. (*)

 

Tautan berita: Andi Rahman Dorong Daerah Manfaatkan BSN di Riau (harianhaluan.com)