Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dua Hari Unhas Ikut On Site Evaluation

  • Kamis, 08 Juli 2021
  • Humas BSN
  • 179 kali

MAKASSAR, FAJAR -- Untuk pertama kalinya, Universitas Hasanuddin (Unhas) mengikuti proses on site evaluation dari Badan Standardisasi Nasional (BSN). Untuk program Standar Nasional Indonesia (SNI) Awards 2021.

Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan, tata kelola terstandar merupakan bagian dari aktivitas rutin Unhas yang dilakukan secara berkelanjutan.

“Sudah diikutkan saja merupakan suatu apresiasi bagi kami. Proses penerapan indikator mutu ini sudah sejak 2008 dilakukan,” ucapnya, Rabu, 7 Juli.

Prof Dwia bercerita, sebelumnya tidak semua unit kerja di Unhas menerapkan SNI ISO. Hanya di kantor pusat dan Sekolah Pascasarjana saja.

Namun, Unhas melihat ada dampak luar biasa terhadap manajemen mutu. Sehingga, sejak 2016 standar ISO diterapkan pada seluruh unit kerja untuk peningkatan kualitas tata kelola berstandar.

“Unhas terus mengoptimalkan kemampuan diri dengan berbagai upaya strategis. Yang kemudian terlihat dari berbagai prestasi yang diraih baik secara nasional maupun internasional,” beber Prof Dwia.

Mewakili tim evaluator dari BSN sekaligus Lead Asessor, Nurasih Suwahyono memaparkan, BSN memiliki indikator kriteria penilaian yang terdiri atas profil organisasi, perencanaan strategis, dan manajemen sumber daya. Selain itu kepemimpinan, hasil bisnis,fokus pelanggan dan operasional, serta pengukuran.

“Dalam penilaian on site evaluation, juga sekaligus mencari keunggulan inovasi maupun terobosan,” sebut Nurasih.

SNI Awards atau The National Quality Award of Indonesia, merupakan sebuah penghargaan tertinggi dari Pemerintah Republik Indonesia skala nasional.

Penghargaan ini bagi organisasi yang menerapkan SNI secara konsisten, utamanya dalam kompetisi global dengan kinerja tinggi dan kemampuan mengelola perubahan serta bertransformasi. Bertujuan meningkatkan kinerja organisasi serta kemampuan manajemen tata kelola, (wis/yuk)

 

Sumber berita: Fajar, 8 Juli 2021. Hal. 14