Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peningkatan Kualitas Produk Berbahan Dasar Hasil Perikanan di Kota Makassar

  • Rabu, 07 Juli 2021
  • Humas BSN
  • 119 kali

 

Nursinah Amir

BERTUJUAN untuk meningkatkan kualitas produk olahan perikanan di Kota Makassar, penulis bermaksud melakukan program pelatihan dan pendampingan pengolahan hasil perikanan kepada kelompok pengolah hasil perikanan. 

Hal ini dilator belakangi oleh Kota Makassar yang merupakan pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia, dan menjadi salah satu pintu gerbang ekspor hasil perdagangan perikanan secara umum. 

Pemerintah Kota Makassar terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui potensi kelautan yang dimilikinya, apalagi Makassar mempunyai banyak pulau-pulau kecil serta hamparan laut. 

Program ini diarahkan pada usaha pembuatan olahan makanan berbasis ikan sebagai produk yang memiliki mutu dan keamanan yang layak dipasarkan, serta menjadi produk sebagai oleh-oleh khas Kota Makassar. Pada pelaksanaan program ini, akan bermitra dengan kelompok pengolah hasil perikanan yang terletak di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Pada pelaksanaan program, kelompok mitra akan diberi keterampilan beberapa jenis produk olahan berbasis ikan seperti otak-otak, serta peningkatan kualitas produk yang selama ini diproduksi (ada pengendalian, pengawasan dan pengujian mutu).

Program ini juga akan melatih kelompok untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan, pemasaran produk secara online, serta pendampingan penerbitan SNI. Pelaksanaan program ini sesuai dengan Target 14.7 SDGs Tujuan 14, yaitu pada tahun 2030, meningkatkan manfaat ekonomi bagi negara berkembang kepulauan kecil dan negara kurang berkembang dari pemanfaatan berkelanjutan sumber daya laut, termasuk melalui pengelolaan perikanan, budidaya air dan pariwisata yang berkelanjutan. 

Indikator pencapaian target adalah perikanan berkelanjutan sebagai presentase dari PDB pada negara-negara berkembang kepulauan kecil, negara-negara kurang berkembang dan semua negara.

Kontribusi program terhadap pencapaian indikator adalah pengembangan UMKM berbasis perikanan Untuk meningkatkan pengolahan produk perikanan yang memiliki kualitas dan nilai tambah yang tinggi dan dilakukan dengan menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Manfaat dari program ini adalah lelompok pengolah hasil perikanan dapat mengolah hasil perikanan dan limbah hasil perikanan dengan merujuk pada prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, kelompok pengolah dapat mendesain dan mengemas produk dengan kemasan yang ramah lingkungan, serta tersedia produk hasil perikanan yang aman, berkualitas dan ramah lingkungan. (*)

 

Tautan Berita: Peningkatan Kualitas Produk Berbahan Dasar Hasil Perikanan di Kota Makassar