Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Olimpiade Standar Internasional ke-16 tahun 2021

  • Rabu, 25 Agustus 2021
  • Humas BSN
  • 2665 kali

Olimpiade Standar Internasional ke-16/The 16th International Standards Olympiad diselenggarakan pada hari Selasa (24/7/2021) secara virtual. Acara ini merupakan ajang standardisasi, kompetisi, dan pertukaran, serta mendukung siswa menengah atas dan siswa tingkat atas di seluruh dunia untuk memperluas pengetahuan di bidang standardisasi dan menjadi talenta-talenta masa depan di bidang standardisasi. Dalam kompetisi ini para siswa dari seluruh dunia bergabung dan memecahkan permasalahan standardisasi secara mandiri. Kegiatan ini menjadi tempat belajar yang sangat menarik bagi para siswa.

Olimpiade Standar Internasional adalah satu-satunya kompetisi standardisasi di dunia yang diselenggarakan oleh Korean Agency for Technology and Standards (KATS) bekerja sama dengan Korean Standards Assosiation (KSA) sejak tahun 2006 yang bertujuan menumbuhkan talenta-talenta masa depan di bidang standardisasi. Melalui kompetisi ini, diharapkan lebih banyak remaja yang memahami standar, dan terus mengembangkan talenta standardisasi melalui tantangan dan urgensi standardisasi dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetisi ini diikuti oleh beberapa negara, di antaranya Korea, Jepang, Singapura, China, Kenya, Rwanda, dan juga Indonesia.

Tim siswa Indonesia diwakili oleh sembilan siswa-siswi, yaitu:

  1. Fayza Amalia Putri Kusumawardani dari MAN Insan Cendekia Gorontalo/Kelas 12
  2. Farrel Aryo Wahyudi dari MAN Insan Cendekia Gorontalo/Kelas 12
  3. Zidny Ilma Hasan dari MAN Insan Cendekia Gorontalo/Kelas 11
  4. Wynnona Pheeby Yansen dari SMAK St. Louis 1 Surabaya/Kelas 12
  5. Rafael Simogiarto dari SMAK St. Louis 1 Surabaya/Kelas 12
  6. Christian Kevin Sidharta dari SMAK St. Louis 1 Surabaya/Kelas 12
  7. Axel Jostanto dari SMAK St. Louis 1 Surabaya/Kelas 12
  8. Hans Lukman dari SMAK St. Louis 1 Surabaya/Kelas 12
  9. Calysta Aurelia Halim dari SMAK St. Louis 1 Surabaya/Kelas 12

 

Turut hadir dalam pembukaan acara, perwakilan Korea Agency for Technology and Standards (KATS), Sang Hoon Li; Chairman of The Korea Standards Association, Myung Soo Kang; serta Dari Sejong University, Prof Seung Bin Moon selaku Ketua Dewan Juri. Sang Hoon Li menyampaikan selamat kepada para peserta yang telah melalui babak penyisihan dan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada para juri, keluarga, dan para siswa yang turut berpartisipasi.

Tugas utama dari para peserta olimpiade adalah untuk mempersiapkan dan mempublikasikan dokumen standar internasional sesuai dengan topik yang dipresentasikan. Myung Soo Kang mengakui bahwa tugas ini tidak mudah. Untuk itu, Kang mengapresiasi para peserta yang telah menyelesaikan tugas tersebut.

Kompetisi juga menampilkan pertukaran budaya dari para siswa, perkenalan tim olimpiade standar dan kata kunci, kuliah khusus, serta sesi tanya jawab seputar tugas-tugas dalam kompetisi utama. Kompetisi utama dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2021. Sedang upacara penutupan akan berlangsung pada 26 Agustus 2021 mendatang.

(Put – Humas)