Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Jawa Barat Siap Jadi Tuan Rumah Bulan Mutu Nasional dan IQE 2021

  • Jumat, 27 Agustus 2021
  • Humas BSN
  • 1881 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad melakukan audiensi dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil secara virtual pada Kamis (26/8/2021) dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan Bulan Mutu Nasional dan Indonesia Quality Expo (IQE) Tahun 2021 di Kota Bandung, Jawa Barat.

Ridwan Kamil menyambut baik rencana pelaksanaan kegiatan Bulan Mutu Nasional dan IQE 2021, dan menyatakan bahwa Pemprov Jawa Barat siap untuk menjadi tuan rumah serta mendukung BSN dalam mensukseskan rangkaian kegiatan tersebut. Diharapkan pada bulan November 2021, kondisi pandemi sudah membaik dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ridwan juga berharap agar rangkaian acara tersebut dapat dipublikasikan secara massif sehingga makin banyak UMKM maupun industri terutama di wilayah Jawa Barat yang semakin paham akan pentingnya dan makin banyak yang menerapkan standar.

Dalam kesempatan tersebut, Kukuh melaporkan bahwa guna mendekatkan dengan stakeholder, BSN telah membentuk lima Kantor Layanan Teknis (KLT), salah satunya di Bandung, Jawa Barat. Adapun, kerjasama yang telah dilakukan antara BSN dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat diantaranya mensosialisasikan pentingnya standar untuk industri dan UMKM, dimana sebanyak lebih dari 7000 stakeholder telah mendapatkan sosialisasi.

“Selain itu, BSN membuat role model untuk pembinaan UMKM. Khusus Jawa Barat, terdapat 67 UMKM yang sedang dan sudah dibina yang tersebar di 13 kabupaten/ kota di wilayah Provinsi Jawa Barat. Di sisi lain, BSN juga melakukan pembinaan mengenalkan SNI terkait pasar rakyat, seperti kota Depok, Bogor, Indramayu, dan Cirebon,” terang Kukuh.

Turut hadir dalam audiensi, Asisten Administrasi Umum Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Dudi Sudradjat Abdurachim; Sekretaris Utama BSN, Nasrudin Irawan; Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah; Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan BSN, M. Beni Nugraha; Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno; serta Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri. Bulan Mutu Nasional rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 3 November 2021 dan rangkaian kegiatan IQE akan dimulai pada tanggal 2-7 November 2021. (nda-humas)