Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Jajak Pendapat 23 RSNI

  • Jumat, 24 September 2021
  • Humas BSN
  • 1944 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan sosialisasi jajak pendapat Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) Lingkup Agro, Kimia, Kesehatan, dan Halal periode bulan Agustus – Oktober 2021. Sebanyak 23 RSNI dibahas dengan unit kerja di lingkungan BSN melalui daring pada Jumat (24/9/2021).

Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan, dan Halal BSN, Wahyu Purbowasito mengungkapkan 23 Rancangan SNI memasuki tahapan jajak pendapat. 23 RSNI tersebut terdiri dari SNI baru – baik adopsi identik ataupun modifikasi dari standar internasional – serta revisi dari SNI yang telah ada sebelumnya. Salah satu SNI yang merupakan SNI baru adalah RSNI yang disusun oleh Komite Teknis 65-01 Pengelolaan Hutan, Wisata hutan untuk terapi kesehatan (healing forest).

Menurut Pemateri K. Dhaneswara, RSNI wisata hutan untuk terapi kesehatan (healing forest) merupakan SNI baru dengan ruang lingkup menetapkan prinsip, orientasi, penentuan lokasi, dan komponen sebagai panduan dalam menetapkan lokasi wisata dalam hutan dan pengembangan program wisata hutan untuk terapi kesehatan.

Yang dimaksud program of healing forest dalam RSNI ini adalah serangkaian kegiatan wisata di suatu unit ekosistem hutan yang tapak dan fasilitas maupun penatalaksanaannya dirancang secara obyektif dan terukur untuk menciptakan serangkaian manfaat dalam berbagai aspek kesehatan dari wisatawan untuk tujuan promotif (promotive), preventif (preventive), kuratif (curative), rehabilitatif (rehabilitative), preservatif (preservative) maupun paliatif (palliative).

Adapun, parameter lingkungan fisik untuk lokasi healing forest terdiri dari 6 parameter mutu. Yaitu kerapatan vegetasi, suhu dan kelembapan relative, tingkat kelerengan, kebisingan, kecepatan angin, serta kandungan ion negatif udara.

Selain Dhaneswara, yang memaparkan 4 RSNI lainnya terkait arang bambu dan rotan (65-12 Bambu dan Rotan), pemateri lainnya juga memaparkan secara ringkas isi dari 18 RSNI yang sedang berlangsung yaitu Theista S (Komtek 19-06, 5 RSNI); Amjad Tri P (Komtek 11-03, 2 RSNI); Corista Karamina H (Komtek 11-13, 3 RSNI); A Hawari (Komtek 11-08, 2 RSNI dan Komtek 71-05, 6 RSNI).

Masyarakat dapat berkontribusi memberikan tanggapan atas 23 RSNI yang sedang dikembangkan melalui website BSN, dengan tautan http://sispk.bsn.go.id/EBallot/DJPPS. Sebelum memberikan tanggapan, masyarakat harus login menggunakan akun yang telah terdaftar sebelumnya. Bila belum memiliki akun, masyarakat dapat mendaftarkan akun secara gratis, yang terdapat pada laman yang sama.

Berikut daftar RSNI dalam proses Jajak Pendapat yang sedang berlangsung.(nda-humas)