Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Temui Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahas Kemudahan Usaha UMK

  • Kamis, 30 September 2021
  • Humas BSN
  • 312 kali

 

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad melakukan audiensi dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia di Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta pada Rabu (29/9/2021).

Pertemuan ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti UU 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang mengamanatkan untuk memberikan kemudahan berusaha dan pendampingan bagi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dengan risiko rendah. Dalam pelaksanaannya, UMK dengan risiko rendah diberi kemudahan berupa perizinan tunggal melalui Online Single Submission (OSS). Melalui OSS ini UMK akan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang berlaku sebagai legalitas, Standar Nasional Indonesia (SNI), dan Sertifikasi Jaminan Produk Halal (SJPH).

Kukuh menjelaskan, dengan sistem ini, khusus UMK yang memiliki risiko rendah yang telah mendapatkan perijinan akan diberikan hak untuk menggunakan tanda SNI Bina UMK yang selanjutnya akan dilakukan pendampingan penerapan SNI oleh Pemerintah Pusat dan Daerah. “Untuk itu, kami berharap melalui Kementerian Investasi/BKPM untuk dapat berkolaborasi dengan BSN dan juga Kementerian/Lembaga lainnya dalam hal pembinaan penerapan SNI ini,” tutur Kukuh.

Selain membahas mengenai pembinaan UMK, pada kesempatan ini Kukuh juga sekaligus mengundang Menteri Investasi/Kepala BKPM untuk hadir dalam Kegiatan Bulan Mutu Nasional (BMN) 2021 yang akan diselenggarakan pada November 2021 mendatang. BMN tahun ini mengusung tema “SNI untuk Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh”. Dalam BMN terdapat berbagai rangkaian kegiatan, yaitu webinar, workshop, Focus Group Discussion, talkshow, sosialisasi, hingga pameran produk ber-SNI.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mendukung penuh rencana BSN untuk berkolaborasi dalam pembinaan UMK sebagai bagian dari kemudahan usaha. Ia berharap dengan pembinaan ini akan membantu UMK untuk bisa “naik kelas”. Menteri Bahlil juga menyambut baik undangan BSN dan mendukung pelaksanaan BMN 2021.

Pada kesempatan ini Kepala BSN didampingi oleh Deputi Bidang Akreditasi BSN, Donny Purnomo, dan Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah. Sedangkan Menteri Investasi/Kepala BKPM didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Yuliot, dan Staf Khusus Bidang Hubungan Daerah Kementerian Investasi/BKPM, Tina Talisa.(Tyo-Humas)

 

Galeri Foto: Kepala BSN Temui Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahas Kemudahan Usaha UMK