Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dukung SDGs 2030, BSN Dorong Stakeholder Terapkan Standar

  • Kamis, 14 Oktober 2021
  • Humas BSN
  • 742 kali

Kehidupan yang tertata dengan baik menciptakan suatu kondisi yang memberikan manfaat bagi seluruh penghuninya, untuk saat ini hingga lintas generasi. Untuk menjaga, melestarikan, serta mewariskan kehidupan yang baik secara berkelanjutan, diperlukan berbagai upaya yang harus dilakukan secara bersama-sama.

Dalam rangka memperingati Hari Standar Dunia (World Standard Day) 2021, Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengajak seluruh stakeholder untuk melakukan tindakan nyata guna mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Kepala BSN, Kukuh S. Achmad meyakini bahwa standardisasi dan penilaian kesesuaian berperan penting dalam mewujudkan SDGs.

“SDGs merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan. Ini merupakan visi yang hanya bisa diwujudkan jika kita bekerja bersama,” ujar Kepala BSN, Kukuh S. Achmad di Jakarta, (14/10/2021).

Kukuh mengutarakan, hal tersebut sejalan dengan tema hari standar dunia 2021, Shared Vision for A Better World - Standards for Sustainable Development Goals. “Setiap tanggal 14 Oktober, dunia internasional memperingati Hari Standar Dunia,” terang Kukuh.

Kukuh pun menegaskan, Standar – yang disusun bersama oleh para pemangku kepentingan – menjamin keamanan kesehatan, keselamatan, dan fungsi lingkungan hidup. “Ada 2 tujuan utama penerapan standar, yakni perlindungan masyarakat serta peningkatan daya saing,” tutur Kukuh.

Dalam kaitan dengan SDGs, Kukuh menilai bahwa standar bertindak sebagai akselerator dalam menghadirkan dan mengimplementasikan solusi. Sebagai contoh, pembangunan infrastruktur memerlukan pendekatan uji coba kehandalan teknologi yang disetujui oleh para ahli. Untuk itu, peranan dan implementasi standar sangat dibutuhkan. Penggunaan standar juga sangat mendukung inovasi hasil dari pemanfaatan teknologi seperti artificial intelligence (AI).

Penerapan standar juga telah terbukti mendukung program pengentasan kemiskinan. Hal ini dapat dilihat dari dampak positif yang dirasakan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setelah menerapkan standar. BSN pun memiliki program pembinaan UMKM untuk menerapkan standar. UMKM cukup mendaftar secara online melalui tautan pembimbingansni.bsn.go.id. “Bagi UMK berisiko rendah, pembimbingan SNI juga dapat diakses saat mendaftarkan usahanya melalui Online Single Submission,” pungkas Kukuh.

Selamat Hari Standar Dunia 2021. Mari wujudkan visi bersama untuk dunia yang lebih baik, melalui penerapan standar. (PjA/ald – Humas).

Video ucapan Selamat Hari Standar Dunia 2021