Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Kunjungi Baristand Industri Palembang

  • Rabu, 20 Oktober 2021
  • Humas BSN
  • 1744 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad, dalam kunjungan kerjanya ke Palembang, Senin, (18/10/2021), berkunjung ke Balai Riset dan Standardisasi Industri (Baristand) Palembang dan diterima langsung oleh Kepala Baristand Palembang, Syamdian.

Dalam kunjungannya, Kukuh diajak langsung untuk melihat fasilitas laboratorium pengujian yang dimiliki oleh Baristand Palembang yang sudah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Laboratorium yang dimiliki diantaranya digunakan untuk pengujian aneka komoditi yang mencakup pengujian kimia dan mikrobiologi untuk mendukung penerapan SNI yang diberlakukan secara wajib oleh Menteri Perindustrian. Dalam kesempatan tersebut, Kukuh juga mengunjungi fasilitas laboratorium penelitian produk karet yang digunakan sebagai tempat uji coba pengolahan karet beserta produk turunannya.

Syamdian menyampaikan bahwa lembaganya sedang mempersiapkan diri untuk menjadi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan (LSSML) untuk melaukan sertifikasi SNI ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan. Senada dengan hal ini, Kukuh menyarankan agar Baristand Palembang melakukan kajian awal terkait potensinya untuk menjadi lembaga Verifikasi/Validasi Gas Rumah Kaca (V/V GRK) yang saat ini sangat dibutuhkan sebagai salah satu upaya mendukung pengendalian perubahan iklim.

Diakhir kunjungannya, Kukuh berharap agar Baristand Palembang terus maju dan berkembang serta terus bersinergi dengan perwakilan BSN di Palembang yaitu Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Wilayah Sumatera Selatan (A).