Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Berpatisipasi dalam ITE Hybrid Event 2021

  • Kamis, 02 Desember 2021
  • Humas BSN
  • 1394 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) turut berpartisipasi dalam kegiatan Integrated Technology Event (ITE) Hybrid Event 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI pada 1-2 Desember 2021 di Grand City Convex, Surabaya.

Dalam kegiatan ITE 2021 ini, BSN menghadirkan showcase informasi tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) khususnya terkait kota cerdas.

Kegiatan yang mengangkat tema "Pembangunan Infrastruktur Cerdas Terpadu untuk Kota Cerdas" ini dibuka oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian didampingi oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dalam pembukaan, rabu (1/12/2021), mengatakan forum ITE ini bertujuan untuk merumuskan dan bertukar pikiran mengenai konsep kota cerdas yang tepat di masing-masing daerah di Indonesia.

Menurut Tito, pemerintah pusat dan daerah (pemda) harus berpacu dengan waktu untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam membangunan infrastruktur smart city atau kota cerdas. Di mana semua pihak harus beradaptasi dengan cepat dan berinovasi untuk layanan publik di wilayahnya.

Sementara itu, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad dalam rekaman testimoninya berharap agar penerapan SNI terkait Kota Cerdas dapat mendukung suksesnya peningkatan pelayanan publik, pembangunan perkotaan, dan masyarakat yang berkelanjutan.

BSN telah menyusun SNI terkait Kota Cerdas, yaitu SNI ISO 37120:2018 Indikator-indikator untuk layanan perkotaan dan kualitas hidup, serta SNI ISO 37122:2019 Indikator untuk kota cerdas.

BSN juga sedang mengembangkan SNI berdasarkan ISO 37123:2019 Indikator untuk kota yang tangguh dalam rangka mendukung Pembangunan Perkotaan dan masyarakat yang berkelanjutan.

BSN bersama dengan para pemangku kepentingan juga memfasilitasi Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dalam mengembangkan Skema Penilaian Tingkat Kematangan Pengelolaan Layanan Kota Cerdas bagi Pemerintah Daerah. (Tyo-Humas)