Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Siap Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia

  • Rabu, 29 Desember 2021
  • Humas BSN
  • 189 kali

 

Layanan publik merupakan bukti nyata kehadiran negara di masyarakat. Layanan yang baik akan meninggalkan kesan yang baik di masyarakat. Sebaliknya, layanan yang tidak baik akan memberikan persepsi yang buruk dan akan menurunkan kepercayaan dan kredibilitas penyelenggaraan negara.

Pelayanan yang diberikan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) kepada masyarakat dinilai telah memenuhi predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik dari Ombudsman Republik Indonesia. Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Ketua Ombudsman RI, Bobby Hamzah Rafino kepada Kepala BSN, Kukuh S. Achmad, Rabu (29/12/21) di Jakarta. BSN meraih peringkat kelima tingkat lembaga, dengan nilai kepatuhan 88.57.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam sambutannya menegaskan, penyelenggara negara pelayanan publik tidak bisa bekerja yang biasa-biasa saja. “Tidak ada toleransi bagi pelayanan yang lambat, berbelit-belit. Tidak ada tempat bagi pelayanan yang tidak ramah dan tidak responsive,” tegas Jokowi. Ia mengingatkan agar pemerintah jangan merasa cukup dengan apa yang telah dikerjakan, karena situasi terus berubah.

Jokowi pun berpesan kepada penyelenggara pelayanan publik untuk memanfaatkan penilaian guna mengimplemetasikan standar pelayanan yang lebih baik, agar dampaknya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. “Saatnya wujudkan birokrasi berkelas dunia!” pesan Jokowi.

Selepas menerima penghargaan, Kukuh menjelaskan bahwa BSN terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Seperti pesan Pak Presiden, pemerintah harus mampu memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat yang cepat dan tepat. Sebagai bentuk adaptasi pada Era Kebiasaan Baru, BSN pun terus meluncurkan inovasi dan solusi berbasis teknologi digital dalam melayani masyarakat,” tutur Kukuh.

Beberapa bentuk layanan BSN dalam bentuk digital dapat diakses melalui website BSN. Diantaranya, layanan untuk membaca dokumen SNI secara gratis (akses-sni.bsn.go.id), pemesanan dokumen standar (pesta.bsn.go.id), layanan pengajuan pembinaan SNI (pembimbingansni.bsn.go.id), layanan pelatihan standardisasi (diklat.bsn.go.id), layanan kalibrasi (sparta.bsn.go.id), serta layanan pengajuan akreditasi (akreditasi.bsn.go.id). “Masyarakat yang memerlukan informasi terkait BSN juga dapat menghubungi kami melalui nomor 081317761112,” terang Kukuh.

Kukuh menyatakan, penghargaan ini merupakan pelecut bagi BSN untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tak lupa, ia pun berterima kasih kepada seluruh keluarga besar BSN yang terus menunjukkan integritasnya, berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Penghargaan ini adalah untuk seluruh keluarga besar BSN yang telah mewujudkan core value ASN, Berorientasi Pelayanan,” pungkas Kukuh. (ald-Humas)