Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Siap sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi Informasi Pengurangan Gas Karbon, PT Sucofindo Daftar ke KAN

  • Kamis, 14 April 2022
  • Humas BSN
  • 228 kali

Untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan penurunan emisi gas rumah kaca dan menuju net zero emission (NZE), PT Sucofindo memberikan dukungan sebagai lembaga validasi dan verifikasi (LVV) Informasi Lingkungan terhadap lingkup Emis Gas Rumah Kaca (GRK) yang independen dan kompeten.

semarak.co - Direktur Komersial Sucofindo Darwin Abas menjelaskan, pemerintah terus mendorong transformasi ekonomi hijau (green economy) sebagai salah satu cara dalam mewujudkan target penurunan emisi karbon 29% atas upaya sendiri dan 41% atas dukungan internasional pada 2030. Pemerintah juga mendorong perusahaan-perusahaan untuk melakukan deklarasi target net zero emission.

Untuk mendukung target pemerintah tersebut, Sucofindo sebagai salah satu perusahaan testing (pengujian), inspection (inspeksi), dan certification (sertifikasi) yang memiliki sistem manajemen teruji dan tervalidasi, juga tenaga ahli kompeten dan berpengalaman tinggi berkomitmen mendukung pemerintah.

Yaitu denganmendaftarkan diri kepada Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk menjadi Lembaga Validasi/Verifikasi pengurangan emisi kabron atau gas rumah kaca (GRK). Perolehan Akreditasi KAN tersebut merupakan langkah awal yang dilakukan Sucofindo dalam menjalankan kegiatan sebagai Lembaga Validasi/Verifikasi yang independen dan kompeten.

Dalam pelaksanaan kegiatan validasi dan verifikasi GRK, kata Darwin, Sucofindo akan memelihara prinsip-prinsip untuk menjaga kenetralan tanggung jawab, keterbukaan, kerahasiaan, dan kemampuan untuk menanggapi keluhan dan banding dalam setiap tahapan proses validasi/verifikasi yang tidak terlepas dari persyaratan Lembaga Verifikasi dan Validasi yang tertuang di dalam, SNI ISO/IEC 17029, SNI ISO/IEC  14065, dan ISO 14064-3.

Dia berharap agar layanan jasa Sucofindo yang merupakan bagian dari Holding BUMN Jasa Survei (IDSurvey) terdiri atas PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai Induk Holding IDSurvey dan PT Surveyor Indonesia, dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan validasi dan atau verifikasi oleh pihak ketiga yang independen dalam memastikan informasi lingkungan yang akan diklaim.

“Khususnya terkait GRK yang sejalan dengan standar inventarisasi dan pelaporan, kerangka kerja, dan persyaratan yang berlaku sesuai dengan Standar SNI ISO 14064-3,” papar Darwin dalam Talk Show dan Launching Jasa Validasi dan Verifikasi Informasi Lingkungan yang Terakomodasi dalam ISO 14065 (Gas Rumah Kaca) melalui link zoom di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Menurutnya, laporan GRK yang telah diverifikasi oleh pihak ketiga yang independent dapat digunakan sebagai bagian dalam laporan tahunan perusahaan, branding kepada pelanggan, deklarasi pencapaian pengurangan emisi kepada publik, dan untuk memenuhi persyaratan pelaporan dalam pemenuhan peraturan Pemerintah Indonesia atau investor.

Direktur Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) Triningsih Herlinawati mengatakan, untuk mendukung program pemeintah dalam penurunan emisi karbon, BSN bersinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah mengembangkan SNI penurunan emisi karbon.

“Kegiatan sertifikasi, verifikasi, dan validasi atas penurunan gas rumah kaca ini untuk menyukseskan program pemerintah dalam penurunan gas rumah kaca,” imbuh Triningsih dirilis humas Sucofindo melalui email semarak.redaksi@gmail.com, Jumat (1/4/2022).

 

Tautan Artikel: Siap sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi Informasi Pengurangan Gas Karbon, PT Sucofindo Daftar ke KAN