Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SIARAN PERS: BSN Undang Jurnalis Ikuti Lomba Penulisan dan Foto Jurnalistik 2022

  • Rabu, 27 April 2022
  • Humas BSN
  • 633 kali

SIARAN PERS

No. 775/BSN/B3-b3/04/2022

BSN Undang Jurnalis Ikuti Lomba Penulisan dan Foto Jurnalistik 2022

Pemerintah terus mendukung dan mendorong ketahanan pangan nasional. Guna mencapai misi tersebut perlu dilakukan program strategis di bidang pertanian seperti sistem pengembangan sektor pertanian, pemasaran pertanian, dan pengembangan sistem inovasi pertanian.

Selain itu, pengembangan, penerapan dan pengawasan Standar Nasional Indonesia (SNI) di bidang pertanian, juga tidak kalah pentingnya.

Pranata Humas Madya selaku Koordinator Humas Badan Standardisasi Nasional (BSN), Denny Wahyudhi di Jakarta pada Selasa (26/4/2022) mengatakan, sistem pengembangan dan penerapan teknologi pertanian, membutuhkan dukungan peralatan dan perlengkapan pertanian. Salah satunya pupuk. 

Pupuk merupakan produk strategis karena menyangkut keberhasilan produksi dan kualitas hasil pertanian serta menjaga fungsi tanah dan lingkungan.

Oleh karenanya, perlu membangun awareness terhadap pentingnya standardisasi pupuk. Dan pengawasan peredaran pupuk.

“Apalagi belakangan banyak diberitakan adanya pupuk palsu. Diperlukan sistem pengawasan yang efektif terhadap peredaran pupuk yang tidak berkualitas/tidak sesuai SNI,” ujar Denny.

BSN sendiri telah menetapkan 27 Standar Nasional Indonesia (SNI) Pupuk, diantaranya diberlakukan secara wajib dengan tujuan melindungi konsumen dari pupuk yang tidak berkualitas. 

“Secara umum, BSN telah menerbitkan 14.071 SNI sampai dengan Januari 2022, baik yang masih berlaku maupun abolisi.  Dari jumlah tersebut, SNI yang masih berlaku terkait pertanian dan teknologi pangan berjumlah 2.447 SNI,” tambahnya.

Berangkat dari pentingnya penerapan dan pengawasan SNI Pupuk, Denny mengatakan, sosialisasi penerapan SNI terutama untuk produk pupuk di Indonesia, perlu didorong.

“Salah satu upaya BSN adalah menggelar Lomba Penulisan dan Foto Jurnalistik 2022. Lomba ini diharapkan akan diikuti oleh seluruh insan jurnalis di seluruh Indonesia baik online maupun cetak,” ujarnya.

Lomba ini diselenggarakan sebagai side event dari penyelenggaraan Indonesia Quality Expo (IQE) ke-10 pada tanggal 6 – 9 Oktober 2022 mendatang. “Melalui upaya ini, kami berharap kalangan wartawan atau jurnalis terpacu mengangkat berbagai hal terkait pentingnya penerapan SNI pupuk di Indonesia. Kompetisi ini diharapkan dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk mengetahui, memanfaatkan dan menggunakan produk-produk yang sesuai SNI,” ujar Denny.

“Tema lomba tahun 2022 adalah “Peran BSN dan Stakeholder dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Pupuk”. Dengan sub tema yang pertama, Peran BSN dan stakeholder dalam pengembangan SNI pupuk. Dan yang kedua, Peran Pengawasan Peredaran Pupuk oleh instansi terkait dan masyarakat,” tambahnya.

Para insan jurnalis dapat mengirimkan hasil karya tulisannya dengan mengacu pada tema dan sub tema tersebut.

Kegiatan lomba ini juga akan didukung oleh beberapa industri penerap SNI, yang akan memberikan dukungan dalam kegiatan termasuk hadiah sejumlah uang tunai yang dipersiapkan untuk para pemenang.

“Melalui Lomba Penulisan dan Foto Jurnalistik 2022 dan dukungan industri penerap SNI, kami berharap, kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat insan jurnalis dalam menulis tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian, tentunya harapan kita, masyarakat semakin teredukasi akan pentingnya SNI dan K3L,” tutur Denny.

Adapun, pemenang akan diumumkan pada saat pembukaan Indonesia Quality Expo (IQE) ke- 10 Tahun 2022 pada tanggal 6 Oktober 2022 di Solo, Jawa Tengah.

Lomba akan mulai dibuka pada tanggal 26 April hingga 5 September 2022. Persyaratan lomba yang telah ditentukan panitia adalah sebagai berikut :

  1. Lomba Penulisan terbuka untuk wartawan media cetak, online, dan foto.
  2. Naskah sudah harus dimuat di media massa cetak atau online mulai 26 April hingga 5 September 2022 dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain.
  3. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu naskah/foto disertai bukti pemuatan tulisan/foto dan identitas peserta lomba (Kartu Pers dan KTP).
  4. Penerimaan naskah paling akhir 5 September 2022
  5. Panitia berhak menggunakan karya tersebut untuk keperluan publikasi dan promosi pihak penyelenggara.
  6. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  7. Naskah dikirim ke : PANITIA LOMBA PENULISAN DAN FOTO JURNALISTIK BSN 2022. Email: lombajurnalistikbsn@gmail.com

Jakarta, 26 April 2022

Kontak Narsum dan Narahubung

Koordinator Hubungan Masyarakat – BSN

Denny Wahyudhi

Email : denny@bsn.go.id